Operator Pengendalian Pencemaran Air BNSP

Courses ILDL

Operator IPAL wajib untuk memahami bakuan kompetensi tata keseimbangan yang menyeluruh dari pengetahuan, keterampilan, kearifan, pengalaman, dan tatalaku yang perlu diketahui serta dikuasi oleh seorang Operator IPAL.

 

Air Limbah adalah sisa dari suatu usaha dan/atau kegiatan yang berwujud cair. Limbah cair yang dihasilkan harus dipantau dan memenuhi baku mutu air limbah sebelum air limbah dibuang atau dilepas kedalam media air dari suatu usaha dan/atau kegiatan.

 

Dalam prosesnya, pengelolaan limbah cair harus dilakukan oleh operator yang berkompetensi dan berwewenang melakukan penanggungjawaban pengendalian pencemaran air, PT Sinergi Solusi Indonesia dapat membantu untuk pelatihan tersebut.

 

TUJUAN PROGRAM

  1. Peserta mampu untuk mengoperasikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)
  2. Peserta mampu menilai tingkat pencemaran air limbah
  3. Menentukan, mengoperasikan dan menyusun rencana perawatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)
  4. Melakukan tindakan K3 terhadap bahaya dalam pengolahan air limbah

Sistem pendukung pengelolaan lingkungan tersebut harus didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) berkompeten sebagai operator pengolahan limbah. Dimana operator tersebut akan memegang peran penting dalam pengoperasianl Sistem IPAL di perindustrian dan mencegah kemungkinan terjadinya kesalahan prosedur dalam mengoperasikan IPAL. Oleh Karenanya kini bagi operator IPAL wajib untuk memahami bakuan kompetensi tata keseimbangan yang menyeluruh dari pengetahuan, keterampilan, kearifan, pengalaman, dan tatalaku yang perlu diketahui serta dikuasi oleh seorang Operator IPAL.

Indonesia Environment and Energy Center menyelenggarakan training untuk Operator IPAL, di mana pelatihan ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan petugas lingkungan dan membekalinya dengan perangkat memadai untuk merencanakan, melaksanakan, melaporkan dan mengakomodasikan. Peserta pelatihan dari berbagai sektor lingkungan yang berbeda akan berkumpul dan saling berinteraksi. Hal ini tentu akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi tiap peserta pelatihan.

METODE TRAINING

Presentasi, diskusi, studi kasus, dan praktik

METODE ASSESSMENT

Wawancara, Post Test, Kelengkapan Dokumen Limbah (Ijazah, CV, Sertifikat terkait, JobDesk, Bukti lainnya)

MATERI PELATIHAN

  1. Pengoperasionalan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)
  2. Penilaian Tingkat Pencemaran Air Limbah (IPAL)
  3. Perawatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)
  4. Identifikasi Bahaya dalam Pengolahan Air Limbah
  5. Tindakan Keselamatan dan Kesehatan (K3) terhadap Bahaya dalam Pengolahan Air Limbah
Menu
Open chat