Ketahui Tempat Penyimpanan Sampah Terbesar di Dunia

Artikel

Ketahui Tempat Penyimpanan Sampah Terbesar di Dunia. Sampah adalah bagian dari berbagai benda di kehidupan manusia yang sudah tidak berguna lagi. Sampah-sampah tersebut harus diatur sedemikian rupa untuk kenyamanan lingkungan sekitar kehidupan. Bersih dari sampah akan membuat lingkungan menjadi tempat yang sangat baik untuk tempat  tinggal manusia.

Ada banyak tempat di dunia yang penuh dengan sampah. Hal ini membuat pembersihan lingkungan sangat dibutuhkan, dan masyarakat memainkan peran penting dalam mewujudkan kesehatan lingkungan. Setiap orang harus berperan dalam pengelolaan sampah untuk lingkungan.

Semakin bertambahnya jumlah penduduk maka semakin banyak pula jumlah sampah yang beredar. Kondisi ini bisa menjadi ancaman bagi lingkungan. Selain itu, peran setiap orang dalam menjaga lingkungan dari sampah juga akan menentukan masa depan.

Semua sampah ini pada akhirnya akan berakhir di tempat pembuangan sampah atau Tempat Pembuangan Akhir (TPA). TPA merupakan sarana untuk kegiatan pembuangan akhir sampah. TPA merupakan mata rantai terakhir dari pengolahan sampah perkotaan sebagai sarana lahan untuk mengolah sampah.

Setiap TPA memiliki kapasitas dan luas berbeda-beda di setiap kota. Namun terdapat beberapa TPA terluas di dunia yang perlu Anda ketahui. Berikut daftar TPA terluas di dunia.

  1. Apex Regional, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat – 2.2200 Hektar

TPA Apex Regional memiliki luas  2.200 hektar. TPA yang terletak di Kota Las Vegas ini dapat menampung hingga 15.000 ton setiap hari. TPA ini juga digunakan sebagai proyek gas metana untuk memenuhi kebutuhan 10.000 rumah tangga.

Tempat pembuangan sampah ini dikelola oleh Republic Services, dan dibuka pada tahun 1993. Apex Regional menjadi TPA terbesar di AS.

  1. Laogang, Shanghai, Cina – 1000+ Hektar

Selanjutnya TPA terbesar terletak di Laogang, Shanghai, China, dengan luas yang mencapai 1000+ hektar. Gas metana dari TPA terbesar di dunia ini disebut telah melayani 100.000 rumah. Setiap tahun, menampung 189 juta sampah.

  1. Bordo Poniente, Mexico City, Meksiko – 927 hektar.

Bordo Poniente merupakan tempat sampah yang berada di Mexico City, Meksiko. Kontribusi tempat ini menghasilkan daya listrik 60 megawatt dari 1,5 juta ton sampah yang diterima sejak 2012.

  1. Malagrotta, Roma, Italia – 680 Hektar

TPA Malagrotta terletak di Roma, Italia, dan diklaim memiliki luas sekitar 680 hektar. Daerah ini awalnya dianggap sebagai tempat ilegal pada tahun 1984. Namun sekarang, telah menerima sertifikasi langsung oleh badan EJOLT untuk produksi listrik dan bahan bakar.

  1. Puente Hills, Los Angeles, California – 630 hektar

Puente Hills menjadi TPA terbesar, namun telah ditutup pada 2013. Tempat ini bisa menampung sebanyak 130 juta ton sampah kota Los Angeles, dan telah menghasilkan listrik sebesar 50 megawatt yang cukup untuk menerangi 70.000 rumah.

Bagaimana pun, TPA adalah tempat berkumpulnya berbagai sampah yang memiliki kandungan zat berbahaya dan bisa menimbulkan penyakit. Tentu pengelolaan TPA tidak boleh dilakukan sembarangan. TPA juga dapat menyediakan energi listrik untuk beberapa rumah, sehingga perannya cukup signifikan bagi kehidupan manusia.

Menu