pengelolaan sampah

Pengolahan Sampah

Pengolahan sampah domestik (non bahan berbahaya dan beracun) merupakan salah satu aspek penting pengelolaan lingkungan baik dilingkungan perumahan, perusahaan maupun perkotaan. Pengembangan prasarana dan sarana persampahan adalah sebuah investasi yang layak dilakukan oleh perumahan, perusahaan, dan pemerintah kota & kabupaten.

Hampir semua perumahan, perusahaan dan pemerintah kota/kabupaten menghadapi hambatan yang sama dalam pengelolaan sampah. Pengelolaan sampah tidak selalu berbicara maslaah pembuangan dan pemusnahan. Akan lebih bijak jika pengelolaan sampah lebih difokuskan pada upaya pengurangan timbulan dan pemanfaatan melalui langkah penggunaan kembali maupun daur ulang. Salah satu langkah pemanfaatan sampah adalah pengomposan.

TUJUAN PELATIHAN

Pelatihan bertujuan membantu peserta untuk:

  1. Pemahaman system pengelolaan persampahan yang efektif program-program persampahan.
  2. Pemahaman karakteristik & Teknik pengelolaan sampah domestik
  3. Pemahaman konsep pengomposan dan kemampuan dasar dalam desain unit pengomposan.
  4. Pemahaman dasar konstruksi dan cara kerja

TRAINING METHOD

Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari secara dengan metode Interactive Live Distance Learning (ILDL). ILDL adalah Metode pembelajaran Professional di Synergy Solusi member of Proxsis Group dengan menggunakan teknologi kelas online masa kini yang melibatkan interaksi dua arah antara pemateri dan peserta, diselingi dengan icebreaking yang menarik, serta melibatkan moderator sebagai media antara pemateri dengan peserta. Berbeda dengan online training yang banyak ditemukan saat ini, ILDL dirancang sesuai kebutuhan (customized) dan sejalan dengan objective dan program yang diperlukan oleh perusahaan. ILDL juga memiliki program pasca belajar dan dilengkapi fitur-fitur kreatif seperti online quiz, online assignment dan tentunya e-certificate dari Synergy Solusi.

MATERI PELATIHAN

  1. Kebijakan nasional dan Undang-undang pengolahan sampah
  2. Master plan pengelolaan persampahan
  3. Extended Producer Responsibility
  4. Bentuk tanggung jawab produsen terhadap bekas kemasan produk setelah dipakai konsumen
  5. Potensi daur Ulang Sampah
  6. Dasar – dasar pengomposan
  7. Teknologi pengomposan skala rumah tangga
  8. Teknologi dan konsep desain pengomposan
  9. Dasar – dasar konstruksi incinerator dan potensi pemanfaatan energi
Menu