Mengenal Audit Internal Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 Versi 2015

ISO 14001:2015 merupakan persyaratan Sistem Manajemen Lingkungan yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardization. ISO 14001:2015 memberikan petunjuk kepada organisasi dalam menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan. Standard ini menggunakan sistematikan P-D-C-A untuk memastikan proses perbaikan berkelanjutan terhadap kinerja Sistem Manajemen Lingkungan yang diterapkan oleh Organisasi. P-D-C-A terdiri dari Plan (Perencanaan)- Do (Pelaksanaan)- Check (Pemantauan dan Pengukuran)- Act (Tindakan Perbaikan).

Dalam tahapan pemantauan dan pengukuran salah satunya adalah pelaksanaan Audit Internal. Proses Audit adalah proses yang sistematis, independen dan terdokumentasi untuk mendapatkan bukti audit dan mengevaluasinya secara objektif untuk menentukan sejauh mana kriteria audit terpenuhi (berdasarkan ISO 19011:2011).

Audit Internal dilakukan untuk memastikan bahwa Sistem Manajemen Lingkungan yang dilaksanakan oleh organisasi sesuai dengan persyaratan organisasi terhadap Sistem Manajemen Lingkungan, sesuai dengan persyaratan dari ISO 14001:2015 dan untuk mengetahui bahwa Sistem Manajemen Lingkungan telah diimplementasikan dan dipelihara secara efektif. untuk mencapai tujuan diatas diperlukan adanya pelaksanaan dari Internal Audit yang efektif. Syarat efektifitas dari Internal Audit salah satunya ditunjang dengan adanya sumber daya yang kompeten di bidang Internal Audit. Seorang Auditor Internal Sistem Manajemen Lingkungan dituntut untuk mengetahui prinsip-prinsip audit, pengelolaan program audit dan pelaksanaan audit Sistem Manajemen Lingkungan.

ISO 19011:2011 merupakan Pedoman untuk mengaudit Sistem Manajemen. Standard ini memberikan kepada auditor terutama diantaranya Auditor Internal Sistem Manajemen Lingkungan mengenai prinsip-prinsip audit, pengelolaan program audit dan pelaksanaan audit Sistem Manajemen Lingkungan.

Menu