industri fashion tanpa limbah

Mungkin Gak Sih Industri Fashion Tanpa Limbah?

Artikel
industri fashion tanpa limbah
industri fashion tanpa limbah

Fashion memainkan peran utama dalam ekonomi global dengan pendapatan tahunan mencapai lebih dari £1 triliun. Namun itu juga salah satu industri yang paling intensif sumber daya di dunia. Apa itu fashion berkelanjutan dan mengapa itu penting?

Fashion berkelanjutan adalah tentang memenuhi kebutuhan saat ini sambil memastikan bahwa cara kita memenuhi kebutuhan tersebut untuk memenuhi kebutuhan masa depan juga.

Jika Anda menggali lebih dalam, fashion berkelanjutan juga memberi manfaat bagi orang-orang yang terlibat di seluruh rantai pasokan mode – mulai dari petani hingga konsumen hingga semua orang yang bekerja di fasilitas akhir masa pakai seperti pabrik daur ulang.

Mengapa begitu penting? Ini Sesederhana masalah hidup atau mati. Saya tahu kedengarannya intens tetapi fashion memiliki dampak yang sangat signifikan pada komunitas di seluruh dunia.

Hal ini juga menjadi sebab perubahan iklim yang sangat besar, dan jika kita ingin mengatasi ancaman nyata dari perubahan iklim, industri fashion perlu segera mengatasi praktik-praktiknya yang tidak berkelanjutan.

Jika kita tidak segera mengatasi dampak negatif dari industri fashion, kita tidak akan memiliki industri di masa depan.

Industri fashion adalah salah satu pencemar terbesar di dunia, namun, beberapa merek baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka bertujuan untuk menjadi 100 persen ‘sirkular’ pada tahun 2030. Menurut Anda, apakah mungkin untuk mencapai industri fesyen tanpa limbah?

Sangat penting bagi kita untuk menuju industri fashion berkelanjutan. Namun, saya tidak berpikir zero-waste akan menjadi obat mujarab untuk semua masalah di industri fashion. Sebagai sebuah industri, dan sebagai budaya, yang tersebar di seluruh dunia, kita harus melihat pengurangan konsumsi kita di samping bergerak menuju model produksi yang lebih sirkular. Tapi ekonomi sirkular adalah area yang sangat menarik yang perlu kita jelajahi lebih jauh.

Tahun 2018, London Fashion Week melarang desainer menggunakan bulu binatang di catwalknya menyusul janji merek seperti Burberry, Gucci dan Versace untuk bebas bulu. Sementara itu, perusahaan seperti Adidas dan G-Star RAW telah mengembangkan pakaian yang terbuat dari plastik laut, dengan Adidas menjual lebih dari satu juta dari produk ‘Parley’ pada tahun 2017. Mengapa sumber bahan yang berkelanjutan penting?

Seperti yang telah Anda sebutkan, sejumlah besar bahan yang umum digunakan saat ini di industri mode membutuhkan banyak sumber daya.

Kapas, misalnya, membutuhkan sejumlah besar air dan bahan sintetis seperti poliester dibuat dari sumber daya yang tidak terbarukan seperti minyak. Lalu ada bahan lain, seperti viscose, yang dalam skala besar menyebabkan deforestasi dan karena itu mempengaruhi habitat spesies yang terancam punah dan pohon-pohon purba. Jadi, sangat penting bagi kami untuk bergerak ke arah penelitian dan pengembangan bahan yang lebih berkelanjutan karena ini penting bagi masa depan industri mode serta planet ini.

Yang benar adalah, kita tidak dapat terus menggunakan sumber daya sebagaimana adanya karena kita tidak akan memiliki sumber daya yang tersisa.

Dibutuhkan hampir 3.000 liter air untuk membuat satu kaos katun. Seberapa besar masalah sampah, khususnya limbah air, di sektor sandang dan bagaimana cara menguranginya?

Menu