pelatihan wwtp

Pelatihan Wastewater Treatment Plan (WWTP)

Artikel

Rusaknya ekosistem alam yang terjadi saat ini membutuhkan kesadaran kita agar mampu melakukan pengolahan limbah terutama limbah cair yang banyak ditemui. Mengingat dampak besar akibat kemajuan teknologi dan berkembang pesatnya perindustrian saat ini, yaitu menghasilkan dampak risiko yang tinggi terhadap rusaknya ekosistem alam, disebabkan antara lain karena limbah yang dihasilkan dari kegiatan industri mengandung sejumlah unsur-unsur berbahaya dan beracun yang bisa mencemari badan air.

Wastewater Treatment Plant (WWTP) atau IPAL adalah sebuah struktur yang dirancang untuk dapat memproses cairan sisa produksi di Industri/Pabrik hingga cairan tersebut dapat dibuang tanpa membahayakan Lingkungan. Dalam pengoperasian sebuah IPAL diperlukan seseorang yang dapat mengevaluasi sistem IPAL sehingga akan mendapatkan performance Sistem IPAL yang baik, efektif dan efisien.

TUJUAN PELATIHAN WWTP

  1. Memahami prinsip pengolahan limbah cair, dinilai dari sisi karakteristik limbah
  2. Memahami prinsip pengolahan limbah cair secara fisika dan kimiawi
  3. Memahami prinsip pengolahan limbah cair secara biologi (aerob, anaerob)
  4. Memahami Advanced Wastewater Treatment
  5. Mengetahui perkembangan teknologi terbaru untuk bidang Wastewater Treatment
  6. Memahami parameter proses Wastewater Treatment
  7. Memahami cara melakukan perbaikan dan pemeliharaan WWTP
  8. Memahami peraturan perundangan di bidang WWTP

METODE PELATIHAN WWTP

Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari secara dengan metode Interactive Live Distance Learning (ILDL). ILDL adalah Metode pembelajaran Professional di Synergy Solusi member of Proxsis Group dengan menggunakan teknologi kelas online masa kini yang melibatkan interaksi dua arah antara pemateri dan peserta, diselingi dengan icebreaking yang menarik, serta melibatkan moderator sebagai media antara pemateri dengan peserta. Berbeda dengan online training yang banyak ditemukan saat ini, ILDL dirancang sesuai kebutuhan (customized) dan sejalan dengan objective dan program yang diperlukan oleh perusahaan. ILDL juga memiliki program pasca belajar dan dilengkapi fitur-fitur kreatif seperti online quiz, online assignment dan tentunya e-certificate dari Synergy Solusi.

MATERI PELATIHAN WWTP

  1. Peraturan dan perundangan Lingkungan Hidup terkait Limbah Cair
  2. Karakteristik Limbah Cair Industri dan Parameter Pengolahan Limbah Cair: debit; suhu; pH; COD; BOD; padatan; Nitrogen; Phosporus; Oil; Grease; Bacteriology
  3. Prinsip dasar Pengendalian, Monitoring dan Baku Mutu Air Limbah
  4. Wastewater Treatment System: Perencanaan (mapping process) dan Basic Engineering Design (BED)
  5. Prinsip pengolahan limbah secara fisika dan kimia, pemahaman sistem instalasi air limbah (IPAL) dan sistem operasinya: Primary Treatment, Secondary Treatment, dan Tertiary Treatment
  6. Prinsip pengolahan limbah secara biology, parameter pengolahan, proses aerob dan anaerob
  7. Metoda pengolahan, pemeliharaan, dan pengontrolan IPAL
  8. Advanced Wastewater Treatment Technology
  9. Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Area WWTP
[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]
Menu
Open chat