Tanggul PDAM Kolong Merah Jebol akibat Limbah Tambang Sumbat Saluran Air

Tanggul PDAM Kolong Merah Jebol akibat Limbah Tambang Sumbat Saluran Air
sumber : http://cdn-2.tstatic.net/

 

Sumber air baku PDAM Tirta Bangka di Kolong Pasir Merah Kecamatan Belinyu tercemar lagi. Selain imbas banjir pekan lalu, sumber airbaku itu terkontaminasi oleh limbah tambang ilegal (TI Rajuk) di sekitarnya.

“Ini adalah hasil pemantauan kami tentang instalasi airbaku bersama Pol PP kecamatan Belinyu,” Direktur PDAM Tirta Bangka, Wellindra Bashir, seperti dilaporkanĀ Bangkapos.com, Kamis (18/2). Terkait kondisi itu, Welli mengaku telah mengerahkan dua unit eksavator guna melakukan normalisasi tanggul dan saluran di kolong pasir merah yang jebol.

Welli mengakui, aktifitas TI di kawasan Kolong Pasir Merah Belinyu masih marak. Padahal,Tahun 2015 lalu, PDAM Tirta Bangka bersama Pol PP dan Polres Bangka sudah mengelar razia, termasuk menyita alat tambangnya. Menurut Welli, berbagai alasan diutarakan penambang ketika dirazia. Alasan perut hingga alasan lainnya dijadikan dasar agar peralatan tambang tak disita aparat.

Intinya, Welli mengaku siap bertindak tegas pada tambang ilegal yang dimaksud. “Kalau pun tambangnya legal silahkan lakukan presentasi dan legalitas yang jelas sesuai denghan Juklak dan Juknisnya pertambangan. Tapi kalau ilegal, kami akan lakukan penertiban atau razia lagi,” katanya.

 

sumber : www.energitoday.com.