Pembangunan Pabrik Semen di Pati Dinilai Ramah Lingkungan

sumber foto: alaksir.net
sumber foto: alaksir.net

 

Investor PT Indocement Tunggal Prakasa mengklaim rencana pembangunan pabrik semen di Kabupaten Pati akan ramah lingkungan. Bahkan kajian analisis dampak lingkungan (Amdal) terkait ketersediaan air juga sudah dilakukan sangat teliti.

“Persiapan amdal kami sudah yang terbaik di Pati. Karena sebelum dilakukan amdal, sudah ada survei dengan sampel 200 orang dari total penduduk 1,3 juta di Pati,” terang Direktur Utama PT Indocement Tunggal Perkasa, Cristian Kartawijaya.

Disinggung terkait dengan kekhawatiran sejumlah pihak tentang ketersediaan air setelah pabrik beroperasi dinilai Cristian sebagai hal yang berlebihan. Dia mencontohkan, ada 13 pabrik lain di Indonesia yang sudah beroperasi lebih dari 40 tahun, kebutuhan air di sekitar lokasi pabrik tidak habis.

Cristian berjanji jika terdapat sumber air di sekitar pabrik, pihaknya tidak akan mengganggu. Ia mencontohkan, pabrik semen di Cirebon yang memiliki sumber air panas tetap dikelola pemerintah daerah setempat, hingga menjadi obyek wisata baru.

 

Sumber: energitoday.com