Keren! Ini Bandara Paling Ramah Lingkungan di Dunia

  1. Home
  2. Article
  3. Keren! Ini Bandara Paling Ramah Lingkungan di Dunia
sumber foto: harvard.edu
sumber foto: harvard.edu

Galapagos Ecological Airport (atau Seymour Airport) di Kepulauan Galapagos dikenal sebagai bandara yang paling ramah lingkungan. Bangunannya menggunakan tenaga angin dan matahari.

Banyak bandara yang melabelkan diri sebagai ramah lingkungan, namun tak ada yang bisa menandingi Galapagos Ecological Airport. Bandara ini terletak di Kepulauan Galapagos, Ecuador, yang terkenal oleh ragam fauna langka dan menjadi lokasi penelitian.

Galapagos Ecological Airport dibangun pada 2012, 80% bangunannya terbuat dari material daur ulang. Tak hanya itu, seluruh bagian bandara menggunakan sinar matahari dan angin sebagai sumber tenaga.

Mengutip situs resmi Galapagos Ecological Airport, bandara ini mendapat penghargaan berupa sertifikat tingkat emas dari LEED (Leadership in Energy and Environmental Design). Pada 2015, bandara ini juga mendapatkan Carbon Footprint Reduction Accreditation yang membuktikan Galapagos Ecological Airport berhasil mengurangi emisi GHG (Greenhouse Gas) dalam bangunan.

Semua pencahayaan di bandara ini berasal dari ventilasi alami. Konsep ramah lingkungan dikedepankan untuk kelangsungan habitat flora dan fauna yang hidup di Galapagos National Park.

Padahal, membuat bandara ramah lingkungan di tempat ini merupakan hal yang sulit. Ini karena Galapagos Ecological Airport terletak di pulau tak berpenghuni yakni Baltra Island. Destinasi favorit di sini adalah gunung berapi tempat lahirnya teori evolusi Charles Darwin.

Galapagos Ecological Airport tak melayani penerbangan dari negara lain, turis hanya bisa mengaksesnya dari bandara di ibukota Ecuador yakni Quito.

Sumber: travel.detik.com

Menu
Open chat