Hari Air Sedunia 2016, UN-Water Rilis Tema ‘Water and Jobs’

sumber foto: unwater.org
sumber foto: unwater.org

Tepat hari ini, Selasa 22 Maret diperingati Hari Air Sedunia atau World Water Day. Hari Air Sedunia ini merupakan salah satu hari peringatan lingkungan hidup tingkat internasional. Tujuannya sebagai kampanye akan peran penting air bagi kehidupan serta mengajak masyarakat dunia untuk turut serta melindungi pengelolaan sumber daya air.

UN-Water, badan antar lembaga PBB yang mengordinir pelaksanaan Hari Air Sedunia telah merilis tema dan logo Hari Air Sedunia Tahun 2016. Tema yang diangkat dalam peringatan Hari Air Sedunia 2016 kali ini adalah “Water and Jobs” atau “Air dan Pekerjaan”.

Water and Jobs” diangkat sebagai tema Hari Air Sedunia Tahun 2016 mengingat hampir setengah dari pekerja di dunia (1,5 miliar orang) bekerja di sektor yang terkait dengan air bahkan bisa dikatakan hampir semua pekerjaan tergantung pada air. Namun faktanya, jutaan orang yang bekerja tersebut tidak terpenuhi hak-haknya dengan baik.

Karena itu, logo dan tema Hari Air Sedunia 2016 ini memfokuskan pada kualitas dan kuantitas air yang akan dapat mengubah kehidupan dan mata pencaharian buruh. Bahkan mampu mempengaruhi masyarakat dan perekonomian dunia. Padahal pada tahun 2050, diprediksi populasi penduduk bumi akan meningkat hingga 35%.

Menilik sejarahnya, Hari Air Sedunia dicetuskan kali pertama saat digelar United Nations Conference on Environment and Development (UNCED) atau Konferensi Bumi oleh PBB di Rio de Janeiro pada tahun 1992. Pada sidang yang dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 1992 tersebut, disepakati untuk menyelenggarakan peringatan Hari Air Sedunia yang akan digelar pertama kali pada 22 Maret 1993. Sejak itu World Water Day diperingati setiap tahun.

Sumber: jitunews.com