Fakta-Fakta Menyertai Konferensi Perubahan Iklim di Paris

COP 21
source picture : http://www.inuitcircumpolar.com/

Konferensi Perubahan Iklim di Paris, Prancis akan dihadiri oleh kepala negara. Mereka akan membahas isu-isu utama terkait masalah lingkungan.

Pertemuan yang disebut COP21 ini, diperkirakan akan dipenuhi oleh 40 ribu pengunjung di tengah kekhawatiran keamanan, setelah Paris dilanda serangan pada 13 November 2015 lalu.

AFP, memaparkan beberapa hal menarik dalam pelaksanaan COP21. Hal tersebut antara lain :

150 adalah jumlah kepala negara dan pemerintahan yang dijadwalkan hadir pada pertemuan Senin (30/11/2015). Tiap pemimpin akan menyampaikan pidatonya selama beberapa menit.

195 adalah jumlah negara yang menjadi anggota the United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC), yang mengorganisir konferensi ini.

18 adalah luas hektar tanah yang di mana lokasi pertemuan dilangsungkan atau tepatnya di Le Bourget di wilayah utara Paris. Sebagian besar konferensi terbuka hanya untuk para negosiator dan mereka yang sudah mendapatkan akreditasi. Meskipun ada sesi terbuka untuk masyarakat umum.

21 ribu merupakan tonase dari emisi gas buang yang dihasilkan dari konferensi itu. Ini setara dengan emisi karbon yang dikeluarkan dari 4.420 mobil dalam satu tahun.

412 ribu adalah jumlah makanan yang akan dihidangkan selama pelaksanaan konferensi, yang berlangsung pada 30 November hingga 11 Desember mendatang.

32 menjadi jumlah dari ruangan negosiasi yang disediakan di Le Bourget.

2.800 merupakan jumlah polisi dan pasukan khusus yang dikerahkan untuk mengawal pelaksanaan konfeensi. Sekitar 8.000 pasukan tambahan lainnya akan dikerahkan di wilayah perbatasan Prancis.

70 ribu adalah jumlah dari tempat tambahan yang dibangun di wilayah transportasi publik di Paris, selama konferensi berlangsung. Bus khusus dan 200 mobil listrik akan membawa delegasi keluar dan masuk Paris.

170-186 juta Euro merupakan dana yang dikeluarkan oleh Prancis untuk mengadakan konferensi ini. Sementara 25 juta Euro lainnya dipersiapkan sebagai dana tambahan.

Pihak penyelenggara mengharapkan konferensi ini bisa membawa pemasukan ke wilayah sekitar Paris hingga 100 juta.

source : www.metrotvnews.com