Bappenas: Pembangunan Harus Perhatikan Aspek Lingkungan

20130816065510058
source picture : www.beritasatu.com

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas mengimbau agar seluruh kegiatan investasi baru mengarah ke ekonomi hijau atau kegiatan ekonomi yang memperhatikan persoalan lingkungan.

Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas Endah Murniningtyas mengatakan kegiatan ekonomi baru seperti industri dan transportasi, termasuk kegiatan pembangunan infrastruktur oleh pemerintah akan memperhatikan aspek lingkungan sebagai solusi pembangunan ekonomi berkelanjutan.

 “Jadi, memasukkan unsur-unsur ramah lingkungan dan keberlanjutan di setiap kegiatan ekonomi baru, seperti industri dan transportasi. Kalau di transportasi, penggunaan bensin oktan itu tinggi, jadi harus beralih ke gas,” katanya.

Dia mengatakan pemerintah tengah memperkenalkan konsep green economy ini ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang tersebar.

Pemerintah juga telah membangun Terminal Teluk Lamong, Surabaya, sebagai pelabuhan modern berwawasan lingkungan yang dirancang sejak awal ramah lingkungan. Pelabuhan itu dibangun dengan daya listrik yang berasal dari gas dan hanya truk berbahan gas yang bisa beraktivitas di lingkungan pelabuhan.

“Kalau green, sumber daya yang tak bisa diperbarui harus dihemat, dipakai seefisien mungkin dan sebersih mungkin. Kita memang memakai itu tapi jangan merugikan hal lain seperti kehidupan,”
katanya.

sumber : http://industri.bisnis.com/