Yuk, Mulai Hidup Ramah Lingkungan

Menerapkan gaya hidup ramah lingkungan sebenarnya mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Namun, masih banyak hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari, yang berdampak buruk bagi bumi. Mengendarai mobil, membuang sampah tidak pada tempatnya dan menghambur-hamburkan listrik adalah contoh hal kecil yang bisa membawa kerusakan lingkungan.

Dengan mengubah hal-hal kecil dalam hidup, kita bisa membuat perbedaan nyata. Ikuti delapan cara mudah berikut ini untuk memulainya. Yuk perbaiki gaya hidup kita, mulai dari hari ini.

1. Mulai dengan mengganti bola lampu tradisional dengan lampu yang memiliki sertifikasi ramah lingkungan.

Lampu ramah lingkungan hanya mengonsumsi sepertiga daya listrik dibanding lampu biasa. Kita juga akan menghemat biaya karena lampu ramah lingkungan memiliki umur yang lebih panjang dan pencahayaan yang lebih terang.

2. Matikan dan cabut alat elektronik dari saklar jika tidak digunakan.

Walaupun TV dalam kondisi “idle/standby”, TV akan terus mengonsumsi energi jika lampu indikator tetap menyala. Anda juga bisa membuang energi dengan membiarkan ponsel Anda tetap tercolok saat baterai sudah penuh.

3. Ingin tahu cara mudah menghemat biaya dan mengurangi polusi? Kurangi suhu alat pendingin mobil

1 derajat saja akan bisa menghemat BBM hingga 10%. Ingat 1 derajat saja bisa membuat perbedaan besar.

4. Saat udara dingin, hindari menghidupkan pemanas ruangan.

Cukup ambil selimut ekstra atau kenakan pakaian yang lebih tebal ini akan menghemat banyak energi dan biaya.

5. Mengganti komputer desktop dengan laptop bisa menghemat energi hingga 50%.

Manfaatkan daya baterai laptop secara maksimal sebelum mengisinya kembali

6. Jika memiliki mobil, pastikan mobil dalam keadaan terawat.

Hindari menggunakan mobil jika lokasi yang dituju bisa ditempuh dengan jalan kaki. Satu hal yang sering terlupa, pastikan ban mobil memiliki tekanan udara yang pas. Ban kempes bisa membuat mobil tidak efisien.

7. Pria dan wanita sama-sama berpotensi memboroskan air.

Mulai dari cara mereka menggunakan toilet sampai mencuci pakaian. Walaupun aktifitas-aktifitas ini tidak akan pernah berhenti, namun kita bisa memanfaatkan berbagai produk baru yang bisa membantu menghemat air dan biaya. Banyak toilet model baru yang memiliki dua opsi penyiraman; biasa dan penyiraman yang lebih hemat air.

8. Ingat 3 R? Gunakan kembali (Reuse), daur ulang (recycle) dan kurangi (reduce)

Pastikan membuang sampah pada tempatnya atau bawa ke lokasi daur ulang. Jika menemukan barang yang bisa digunakan kembali, mengapa tidak? Manfaatkan dan hindari membeli barang baru.

Walau sederhana, semua tips di atas bisa membuat perbedaan nyata. Apalagi jika jutaan orang di dunia mau melakukannya. Mulai dari diri sendiri dan mulai hari ini juga. Yuk, mulai memperbaiki gaya hidup dimulai dengan langkah sederhana diatas tadi. Dengan menerapkan langkah-langkah mudah ini, kita akan menghemat biaya dan membantu menyelamatkan dunia.

sumber : hijauku.com

Menu