Warga Bengkulu Dikejutkan Dentuman Keras Diduga Meteor Jatuh

Warga perbatasan Kabupaten Rejanglebong dan Kepahiang, Bengkulu, Senin (26/10/2015) malam dikejutkan suara dentuman keras. Diduga suara itu berasal dari meteor yang jatuh.

Gunardi, Warga Desa Pelalo, Kecamatan Curup Timur, Kabupaten Rejanglebong, mengatakan sekira pukul 19.00 WIB, ia dan sejumlah rekannya melihat cahaya kilat di langit Rejanglebong. Kemudian, dia mendengar bunyi ledakan besar dari dalam hutan.

“Setelah kilatan itu lalu ada bunyi dentuman atau mirip ledakan keras, tapi kami tidak tahu posisinya,” kata dia.

Bukan cuma Gunardi yang menyaksikan hal tersebut. Warga di Desa Penanjung Panjang, Kabupaten Kepahiang yang berbatasan dengan Kabupaten Rejanglebong juga membenarkan adanya kilatan di langit yang mirip dengan meteor.

Kepala Kepolisian Resor Kepahiang AKBP Iskandar Z.A. mengatakan anggotanya sudah bergerak. Polres sudah menurunkan personel untuk menyelidiki asal dentuman keras itu.

“Kami sudah menurunkan tim, diperkirakan lokasi benda jatuh itu di dalam hutan perbatasan Kepahiang dan Rejanglebong,” kata Iskandar saat dihubungi dari Bengkulu.

Ia mengatakan personel sudah menemukan satu lokasi di dalam hutan yang diduga tempat jatuhnya benda yang menimbulkan dentuman itu. Saat ditemukan, lokasi tersebut dalam kondisi terbakar dan personel kepolisian berupaya memadamkan api.

Untuk sementara, kata dia, belum bisa dipastikan asal atau sumber dentuman mirip ledakan itu. Iskandar belum berani menarik kesimpulan mengenai peristiwa ini.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kepahiang, Bengkulu, Litman saat dihubungi juga belum bisa memastikan sumber dan penyebab ledakan tersebut. “Tim kami masih berupaya menuju lokasi dan belum bisa kami pastikan penyebab ledakan tersebut,” jelas dia.

 

Menu