pencemaran sungai, pencemaran lingkungan, sungau di jakarta kali di jakarta

Tak Semua Kali di Jakarta Seindah yang Dibicarakan di Media Sosial

Kondisi kali-kali di Jakarta, secara keseluruhan, tidak seindah apa yang dibicarakan netizen di media sosial. Jika kali di kawasan Jakarta Pusat terlihat bersih, hal ini tidak terlihat pada kali di sepanjang Jalan Latuharhari hingga Pintu Air Manggarai. 

Tumpukan sampah terlihat di ujung pintu air. Salah seorang penjaga Pintu Air Manggarai, Fajar Zuhi, mengatakan, sampah-sampah tersebut selalu diangkut oleh petugas Dinas Kebersihan DKI setiap harinya. 

“Memang diangkat sama petugas kebersihan setiap hari,” ujar Fajar di Pintu Air Manggarai, Jalan Tambak, Selasa.¬†

Fajar mengatakan, sampah-sampah yang tersaring di Pintu Air Manggarai mencegah sampah tersebut terangkut ke Kali Ciliwung yang berada di sepanjang Jalan Latuharhari, tepatnya ke arah Halimun. Dengan demikian, kata Fajar, Kali Ciliwung yang berada di sepanjang Jalan Latuharhari tidak dipenuhi sampah. 

“Jadi, di pintu air diangkut sampahnya. Di sepanjang kali, setahu saya juga ada petugas kebersihan yang mengangkut,” ujar Fajar.¬†

Akan tetapi, kondisi yang diucapkan Fajar justru tidak tampak di Kali Ciliwung setelah Pintu Air Manggarai, yaitu di sepanjang Jalan Latuharhari. Seharusnya, kondisi kali tersebut bersih dari sampah karena sudah tersaring dari Pintu Air Manggarai. 

Namun, kenyataannya tidak. Sampah terlihat memenuhi sepanjang kali tersebut. Setelah menelusuri hingga ujung Jalan Latuharhari, sampah-sampah yang berada di kali tersebut masih terlihat. 

Sampah yang terdapat di kali tersebut menumpuk, seolah sudah lama tidak dibersihkan. Selain itu, dinding turap di kali tersebut juga sudah ditumbuhi tanaman. Tanaman tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat sampah mudah tersangkut. 

Salah seorang warga, Muzani, mengatakan bahwa tidak pernah ada petugas dari Dinas Kebersihan yang mengambil sampah-sampah di kali itu setiap harinya.

“Saya sehari-hari¬†nongkrong¬†di sini, enggak pernah lihat ada petugas yang¬†bersihin¬†sampah. Kalaupun ada itu petugas yangrapihin¬†tanaman di pinggir kali. Kalau tanaman di dalam kali¬†mahenggak ada yang¬†rapihin¬†atau¬†cabutin,” ujar Muzani.¬†

Muzani mengatakan, tanaman yang ada di sepanjang kali tersebut kerap dibersihkan justru oleh anggota TNI AD. Dia mengatakan, mereka sering mencabuti tanaman yang tumbuh di atas kali tersebut. 

“Setiap minggu¬†dibersihinnya¬†sama mereka,” ujar dia.¬†

Sebelumnya, di media sosial, sedang beredar foto-foto yang menunjukkan keberhasilan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dalam membersihkan kali di Jakarta. Foto-foto kebersihan kali yang sudah dinormalisasi ini diunggah pertama kali oleh pemilik akun Facebook Andrinov Satar dengan¬†caption, “70 tahun merdeka, baru sekarang lihat Jakarta mulai tertata dengan benar. Ini baru wolrd class city! Lanjutkan…!!!”¬†

Menu