Sumber Energi Terbarukan (Renewable Energy)

Renewable energy

Energi terbaharui mendapatkan energi dari aliran energi yang berasal dari “proses alam yang berkelanjutan”, seperti sinar matahari, angin, air yang mengalir proses biologi, dan geothermal.
Konsep energi terbaharui diperkenalkan pada 1970-an sebagai bagIan dari usaha mencoba bergerak melewati pengembangan bahan bakar nuklir dan fosil. Definisi paling umum adalah sumber energi yang dapat dengan cepat diisi kembali oleh alam, proses berkelanjutan. Di bawah definisi ini, bahan bakar nuklir dan fosil tidak termasuk ke dalamnya.
Seluruh energi terbaharui secara definisi juga merupakan energi sustainable, yang berarti mereka tersedia dalam waktu jauh ke depan yang membuat perencanaan bila mereka habis tidak diperlukan. Meskipun tenaga nuklir bukan energi diperbaharui, namun pendukung nuklir dapat sustainable dengan penggunaan reaktor breeder menggunakan uranium-238 atau thorium atau keduanya. Di sisi lain banyak penentang nuklir menggunakan istilah energi sustainable sebagai sinonim untuk energi terbaharui, dan oleh karena itu tidak memasukkan nuklir ke dalam energi sustainable.

Sumber energi terbaharui modern

Energi geothermal
Energi geothermal berasal dari penguraian radioaktif di pusat Bumi, yang membuat Bumi panas dari dalam, dan dari matahari, yang membuat panas permukaan bumi.

Energi surya
Karena kebanyakan energi terbaharui pusatnya adalah “energi surya” yang dimaksud adalah energi yang dikumpulkan langsung dari cahaya matahari.

Energi angin
Karena matahari memanaskan permukaan bumi secara tidak merata, maka terbentuklah angin. Energi kinetik dari angin dapat digunakan untuk menjalankan turbin angin, beberapa mampu memproduksi tenaga 5 MW.

Tenaga air
Energi air dapat digunakan dalam bentuk gerak atau perbedaan suhu. Karena air ribuan kali lebih berat dari udara, maka aliran air yang pelan pun dapat menghasilkan sejumlah energi yang besar.

Biomass
Bahan bakar bio adalah bahan bakar yang diperoleh dari biomass – organisme atau produk dari metabolisme mereka, seperti tai dari sapi. Dia merupakan energi terbaharui.
Biasanya bahan bakar bio dibakar untuk melepas energi kimia yang tersimpan di dalamnya.

Menu