Status Darurat Kekeringan di Indramayu Diperpanjang

Status Darurat Kekeringan Indramayu

Wilayah Kabupaten Indramayu mulai memasuki musim pancaroba dari kemarau ke penghujan. Namun, penetapan status darurat kekeringan di Kabupaten Indramayu masih diperpanjang.

Status (darurat kekeringan) masih diperpanjang, belum dicabut. Kasian masyarakat masih ada yang kekeringan,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Edi Kusdiana.

Edi mengatakan, masa darurat kekeringan yang ditetapkan saat memasuki musim kemarau lalu sebelumnya sudah mengalami perpanjangan yang harusnya berakhir pada 31 Oktober 2015. Namun, karena kekeringan dan krisis air bersih masih terjadi, status tersebut kembali diperpanjang hingga Desember 2015.

Edi menyatakan, pihaknya masih terus menyalurkan bantuan air bersih ke desa-desa yang mengalami krisis air bersih. Tercatat, ada sekitar 100 desa yang tersebar di 25 kecamatan yang telah dikirimi bantuan air bersih.

Menurut Edi, wilayah yang mengalami krisis air bersih itu memang terus meluas akibat kemarau panjang. Pada awal September 2015, desa yang mengalami krisis air bersih hanya 43 desa di 15 kecamatan.

”Di seluruh desa (yang mengalami krisis air bersih), bantuan air bersih yang sudah kami salurkan sebanyak lebih dari dua juta liter,” terang Edi. Edi menambahkan, penyaluran bantuan air bersih itu dilakukan secara berkesinambungan. Untuk desa-desa yang mengalami kekeringan parah, penyaluran bantuan air bersih dilakukan secara rutin. Krisis air bersih dialami Kabupaten Indramayu selama musim kemarau tahun ini. Selain faktor alam, kondisi itu juga dipengaruhi penutupan aliran sungai Cimanuk untuk penggenangan Waduk Jatigede pada 31 Agustus 2015.

Terpisah, Forecaster BMKG Stasiun Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Iziyn menjelaskan, di Wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan), musim pancaroba diprakirakan terjadi sampai pertengahan hingga akhir November 2015. Selanjutnya, akan masuk musim penghujan.

Namun, di antara daerah-daerah lainnya di Ciayumajakuning, Kabupaten Indramayu yang diprakirakan terakhir memasuki musim hujannya.

www.republika.co.id

Menu