Peran CSR Pada Masa Pandemi Covid-19

CSR (Corporate Social Responcibility) / ISO 26000 adalah standar internasional yang berisi pedoman dalam penerapan Corporate Social Responcibility (CSR), dimana CSR dapat didefinisikan sebagai tanggung jawab moral suatu perusahaan terhadap para pemangku kepentingan / stakeholder, terutama komunitas atau masyarakat disekitar wilayah kerja dan operasinya. Parameter keberhasilan suatu perusahaan dalam sudut pandang CSR adalah pembangunan yang berkelanjutan. Secara historis, perusahaan mengambil langkah mundur selama krisis. Namun, ketika peran bisnis dalam masyarakat terus berkembang dan kapitalisme pemangku kepentingan menjadi arus utama, bisnis menghadapi tantangan. Sangat menggembirakan melihat bagaimana, bahkan di tengah masa-masa sulit, inovasi sosial perusahaan tetap ada. Inovasi sosial perusahaan mencakup banyak cara agar bisnis dapat memiliki dampak positif. CSR apa saja yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam masa pandemic Covid-19 ini?

TUJUAN PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:

  1. Memahami Peraturan Perundangan K3 terkait Hygiene Industri
  2. Mengetahui bahaya dan risiko Kesehatan serta pengendalian dapat dilakukan di tempat kerja
  3. Mengetahui Langkah yang dapat dilakukan dalam menerapkan hygiene industri dalam pencegahan dan mitigasi risiko K3 selama dan pasca Covid-19

METODE PELATIHAN

Pelatihan dilaksanakan selama 3 jam secara dengan metode Interactive Live Distance Learning (ILDL). ILDL adalah Metode pembelajaran Professional di Synergy Solusi member of Proxsis Group dengan menggunakan teknologi kelas online masa kini yang melibatkan interaksi dua arah antara pemateri dan peserta, diselingi dengan icebreaking yang menarik, serta melibatkan moderator sebagai media antara pemateri dengan peserta. Berbeda dengan online training yang banyak ditemukan saat ini, ILDL dirancang sesuai kebutuhan (customized) dan sejalan dengan objective dan program yang diperlukan oleh perusahaan. ILDL juga memiliki program pasca belajar dan dilengkapi fitur-fitur kreatif seperti online quiz, online assignment dan tentunya e-certificate dari Synergy Solusi.

MATERI PELATIHAN

  1. Prinsip dasar tanggung jawab sosial berdasarkan ISO 26000:2010
  2. Pelibatan stakeholders, core subjects dan isu-isu yang terkait dengan tanggung jawab sosial
  3. Identifikasi potensial isu dan peluang yang akan dihadapi oleh organisasi dan keterkaitannya dengan berbagai konevensi, spesifikasi industry/teknikal, kode perilaku dan inisiatif lainnya.
  4. Penerapan metoda untuk mengintegrasikan perilaku tanggung jawab social di dalam organisasi
  5. Memahami hasil dan perbaikan kinerja organisasi di bidang tanggung jawab sosial.
  6. Mampu mengelola dan membangun Sistem CSR perusahaan pada masa pandemic Covid-19 dan selama masa pemulihan pasca Covid-19
Menu