Penjernihan Air (Water treatment)

Water treatment atau Penjernihan air merupakan sejumlah proses yang dilakukan untuk membuat air dapat diterima untuk penggunaan tertentu. Penggunaan air ini mencakup penggunaan seperti air minum, proses industri, medis dan banyak penggunaan lainnya.

Kita semua mengetahui bahwa air merupakan salah satu sumberdaya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia, mulai dari memenuhi kebutuhan dasar mandi, cuci dan kakus, air juga kita butuhkan untuk kegiatan lainnya seperti pertanian dan indutri. Oleh karena itu keberadaan air bersih dalam kehidupan manusia harus dipelihara dan dilestarikan agar tidak mempengaruhi kesehatan manusia saat menggunakannya.

Di tengah besarnya kebutuhan manusia terhadap air bersih, tidak semua orang berpikir dan bertindak secara bijak dalam menggunakan air dengan segala permasalahan yang mengitarinya. Malah ironisnya, suatu kelompok masyarakat begitu sulit mendapatkan air bersih, sedangkan
segelintir kelompok masyarakat lainnya dengan mudahnya menghambur-hamburkan air. Kesulitan mendapatkan air bersih selain karena sumbernya yang mulai mengering, faktor lainnya adalah mulai banyaknya sumber air yang tercemar. Kewajiban menjaga sumber air bukan hanya menadi tanggung jawab di tingkat rumah tangga saja, seluruh industri yang membutuhkan air dan menghasilkan limbah dalam bentuk cair. Tidak sedikit perusahaan bandel yang membuang limbahnya tanpa melakukan pengolahan terlebih dahulu hingga mencemari sumber air di sekitarnya. Padahal, perusahaan bisa loh melakukan pengolahan air bersih/water treatment sendiri, bahkan hingga bisa dikonsumsi.

Mari kita simak proses apa saja yang dilakukan dalam water treatment melalui infografis berikut ini:

Water Treatment atau penjernihan air

Menu