TEKNIK SAMPLING

Air Limbah adalah sisa dari suatu usaha dan/atau kegiatan yang berwujud cair. Limbah cair yang dihasilkan harus dipantau dan memenuhi baku mutu air limbah sebelum air limbah dibuang atau dilepas kedalam media air dari suatu usaha dan/atau kegiatan. Dalam prosesnya, pengelolaan limbah cair harus dilakukan oleh operator yang berkompetensi dan berwewenang melakukan penanggungjawaban pengendalian pencemaran air.

Proses pengujian/pengukuran yang dilakukan di laboratorium sangat tergantung pada kegiatan sampling. Point kritikal yang muncul dari kegiatan sampling adalah bagaimana cara merepresentasikan populasi yang demikian kompleks kedalam ukuran-ukuran yang bisa dikelola dengan baik.

Oleh karena itu pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan sampling membutuhkan personil kompeten yang mampu melakukan sampling dan preparasi sampel dengan baik. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberi pembekalan tentang teknik sampling, preparasi, quality control dan pelaporan hasil sampling.

TUJUAN PELATIHAN

1. Memahami pengertian sampling
2. Memahami teknik-teknik sampling
3. Implementasi teknik-Teknik sampling yang baik
4. Melakukan quality control terhadap sampel yang diambil
5. Melakukan pelaporan hasil

METODE PELATIHAN

Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari secara dengan metode Interactive Live Distance Learning (ILDL). ILDL adalah Metode pembelajaran Professional di Synergy Solusi member of Proxsis Group dengan menggunakan teknologi kelas online masa kini yang melibatkan interaksi dua arah antara pemateri dan peserta, diselingi dengan icebreaking yang menarik, serta melibatkan moderator sebagai media antara pemateri dengan peserta. Berbeda dengan online training yang banyak ditemukan saat ini, ILDL dirancang sesuai kebutuhan (customized) dan sejalan dengan objective dan program yang diperlukan oleh perusahaan. ILDL juga memiliki program pasca belajar dan dilengkapi fitur-fitur kreatif seperti online quiz, online assignment dan tentunya e-certificate dari Synergy Solusi.

MATERI PELATIHAN

1. Konsep & Interpretasi Sampling
2. Sampling dalam SNI ISO/IEC 17025:2008
3. Distribusi sampling dan kesalahan
4. Penentuan sampel untuk sampling
5. Teknik & perlengkapan melakukan sampling
6. Prosedur sampling dan Implementasinya
7. QC terhadap sample hasil sampling, pengawetan sample
8. Control chart hasil QC sampel
9. Pelaporan hasil sampling, data hasil lapangan, proses distribusi sampel & pemastian kondisinya, dan dokumen pendukung kegiatan sampling

Menu