Mengembangkan India Sebagai Salah Satu Pasar Tenaga Surya Terbesar

Mengembangkan India sebagai salah satu pasar tenaga surya terbesar

Sistem energi bersih, yaitu, energi terbarukan dan sistem hemat energi, akan memainkan peran kunci dalam emisi gas rumah kaca de-karbonisasi sektor energi di seluruh dunia, mengurangi dan mengatasi masalah perubahan iklim.

Jumlah energy matahari yang dikirim ke planet kita adalah 35000 kali (berdasarkan perkiraan tertentu) lebih dari apa yang kita produksi dan konsumsi di dunia. Bahkan jika bagian terbesar diserap atau memancarkan kembali ke atmosphere, meninggalkan beberapa besar untuk memenuhi kebutuhan tanpa jejak karbon.

Namun kita harus mengatasi berbagai faktor yang meliputi biaya peningkatan investasi, transfer teknologi tepat guna, manajemen teknologi dan peningkatan kapasitas negara-negara berkembang untuk mengintegrasikan teknologi yang inovatif.

India dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi pasar tenaga surya terbesar. Perkiraan terbaru tentang potensi tenaga surya India oleh National Institute of Solar Energy di India telah menetapkan potensi tenaga surya negara sekitar 750 GW, yang dalam istilah potensial pf sangat besar dan mungkin bisa mengatasi permintaan energi dengan cara yang sangat berkelanjutan.

Potensi tenaga surya telah diperkirakan menggunakan data ketersediaan gurun di setiap negara dan yurisdiksi India. Estimasi ini didasarkan pada asumsi bahwa hanya 3% dari total gurun yang tersedia di negara yang digunakan untuk pengembangan proyek tenaga surya. Selain sumber energi terbarukan lainnya memiliki potensi 120 GW. Ini berarti bahwa India sebagai negara memiliki lebih dari 850 GW potensi energi terbarukan. Dari ini kita telah mencapai kurang dari 0,5%.

Potensi akan secara konservatif diterjemahkan ke dalam lebih dari USD $ 1.2 Triliun  investasi modal atau USD $ 800 Miliar ditambah peluang keuangan, bagi bank.

Selain itu negara seperti India memiliki 27 juta pertanian pompa-set yang bisa diganti selama 15-20 tahun dengan Pompa Powered Surya set yang dengan sendirinya akan membutuhkan USD $ 100 Miliar investasi modal.

Langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah India dalam mempromosikan energi terbarukan khususnya energi surya telah mulai menciptakan traksi dan kesadaran di antara orang-orang khususnya di Pedesaan India. Namun transformasi ini sistem energi akan membutuhkan investasi yang cukup besar, arus kas ditingkatkan melalui lembaga keuangan dan memungkinkan kerangka kebijakan yang proaktif dan praktis

Dengan Penutupan harga tenaga surya terhadap energi konvensional, suatu dorongan utama pada pengembangan pasar terbesar energi surya di dunia dapat menjamin akses energi universal untuk rakyat india menengah kebawah.

Transformasi Energi ini akan memungkinkan menciptakan masa depan yang “disukai” dan “bersih”

Sumber : Manoj Rawat

Menu