Mari Secara Konsisten Terapkan Sistem Manajemen Keamanan Pangan di Perusahaan!

Makanan sebagai salah satu kebutuhan pokok dari manusia memegang peranan penting dalam kesehatan setiap orang. Semakin banyaknya penyakit yang diakibatkan oleh makanan atau sering pula kita kenal dengan food borne disease, membuat konsumen semakin selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsinya. Seiring dengan perkembangan itu pula, terdapat banyak pilihan sistem manajemen keamanan pangan untuk diterapkan oleh industri pangan. Beberapa sistem keamanan pangan yang umum diterapkan di Indonesia antara lain, HACCP, ISO 22000, dan FSSC 22000.

Meskipun meskipun begitu, sistem manajemen keamanan pangan tetap didasarkan pada poin kritis yang harus dipantau pada setiap proses yang dilalui oleh makanan mulai dari pengadaan bahan baku sampai siap dikonsumsi oleh konsumen.

Sistem manajemen apapun yang diterapkan oleh perusahaan, semua memiliki tujuan yang sama yaitu menjaga keamanan dari makanan yang akan dikonsumsi oleh konsumen. Tantangan terbesar setelah perusahaan mengimplementasikan sistem manajemen keamanan pangan adalah secara konsisten menerapkannya dan menjaga kepercayaan dari konsumen.

Jika kita sudah mampu menerapkan sistem manajemen keamanan pangan ini dengan konsisten, maka perusahaan juga akan mendapatkan manfaat berupa:

  1. TerciptanyaĀ kesadaranĀ keamanan panganĀ di lingkungan internal perusahaan.
  2. MeningkatkanĀ Brand Image dan Value AddedĀ perusahaan sehingga meningkatkan nilai jual dan potensi pengembangan bisnis yang lebih besar.
  3. TercapainyaĀ Kepuasan pelangganĀ yang dapat menambah repeat order.
  4. Internal Control yang kuatĀ dalam menjamin seluruh proses terlaksana sesuai dengan standar mutu & keamanan pangan yang dipersyaratkan.
  5. Menjamin Keamanan produk pangan yang diproduksi sehingga terbebas dari kontaminasi biologi, fisika dan kimia.

Synergy Solusi member of Proxsis Group sebagai perusahaan yang memberikan solusi di bidang Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan di bidang K3, Lingkungan, Energi, Keamanan dan Migas, dapat memberikan solusi kepada perusahaan yang hendak mengimplementasikan ISO 22000:2018 melalui pendampingan konsultasi, pelatihan maupun jasa lainnya.

 

sumber: alpindonesia.org dan tsakaizenconsulting.com

Menu