Konsultasi Implementasi dan Sertifikasi ISO 14001: 2015

IEC – Sinergi Solusi Indonesia dapat memberikan konsultasi terkait implementasi ISO 14001: 2015 secara komprehensif, baik implementasi dari nol, sertifikasi, maupun upgrade sistem (dari ISO 14001: 2004). Untuk mencapai tujuan di atas, tim konsultan IEC – Sinergi Solusi Indonesia akan melakukan pekerjaan sebagai berikut, tetapi tidak terbatas pada:

  • Persiapan, kick off, dan penilaian awal terhadap implementasi Sistem Manajemen Lingkungan
  • Merancang dan mengembangkan sistem yang paling cocok (compatible) di perusahaan klien melalui pembuatan dokumentasi dan implementasi operasional yang efektif sembari tetap memenuhi persyaratan Sistem Manajemen Lingkungan berbasis ISO 14001.
  • Membimbing personil perusahaan klien dalam mengimplementasikan Sistem Manajemen Lingkungan berbasis ISO 14001 secara efektif agar siap menghadapi audit eksternal.
  • Meninjau dan mengevaluasi implementasi prosedur yang telah dibuat, membantu membuat rencana tindakan perbaikan dan pencegahannya.
  • Memberikan training awareness dan audit internal untuk mengembangkan kompetensi personil perusahaan klien yang ditunjuk.
  • Mendampingi proses audit internal dan eksternal untuk mendapatkan sertifikasi.

metodologi

Secara keseluruhan, implementasi Sistem Manajemen Lingkungan berbasis ISO 14001: 2015 dibagi dalam empat tahapan, yaitu:

  • Fase 1, Current System Appraisal. Pada fase ini tim dilakukan tinjauan mengenai sistem yang ada dan berlaku saat ini di Perusahaan untuk dibandingkan dengan persyaratan standar yang berlaku serta untuk melihat kelemahan-kelemahan sistem yang ada dibandingkan dengan kebutuhan organisasi akan peningkatan kinerja lingkungan (berupa Gap Analysis).
  • Fase 2, Design and Development. Fase ini merupakan pengembangan dari temuan kegiatan studi pendahuluan yang telah dilakukan sebelumnya, yang dijabarkan kedalam sistem dan prosedur yang praktis. Tim konsultan akan memberikan pengalaman dan pengetahuannya serta dukungan teknis di dalam membangun Sistem Manajemen Lingkungan berbasis ISO 14001: 2015 dalam bentuk kombinasi antara training dan konsultasi secara teratur.
  • Fase 3: System Implementation. Fase ini merupakan pengimplementasian dari hal-hal yang telah dibuat dan ditetapkan pada fase kedua. Tim Konsultan akan memberikan arahan tentang sistem implementasi, berpartisipasi dalam rapat-rapat yang membahas perkembangan serta memberikan penjelasan-penjelasan sesuai dengan prioritas dan perkembangan yang terjadi.
  • Fase 4, Audit and Review. Fase keempat ini terdiri dari kegiatan audit internal yang dilaksanakan sebelum audit independen dilakukan. Hal ini dilakukan untuk memastikan standar Sistem Manajemen Lingkungan berbasis ISO 14001: 2015 yang telah diimplementasikan, dan juga untuk mengurangi temuan yang ada nantinya. Pada audit independen sertifikasi, tim konsultan akan mendampingi perusahaan secara keseluruhan proses audit.
Menu
Open chat