“Jembatan Hijau” Paling Inovatif di Dunia

Abad 18 disebut zaman mesin uap, abad 19 zaman listrik, abad 20 zaman atom dan abad 21 adalah abad Hijau. Semua orang intelek baik pejabat politik, praktisi hukum, dan tidak lupa pula arsitek juga berbicara tentang konsep hijau yang berarti ramah dan kembali ke alam.

Desain dan inovasi teknik selama dua dasawarsa terakhir telah membuat dampak besar dalam kemampuan kita untuk membuat keindahan, struktur yang ramah lingkungan sehingga mampu berkonstribusi untuk masa depan yang lebih baik. Contoh besar dalam pengaruh desain, teknologi dan ramah lingkungan dapat dilihat dalam desain inovatif jembatan diseluruh dunia. Maka dari itu, Inhabitat.com merilis lima “jembatan hijau” paling inovatif.

1. Jembatan Kurilpa tenaga solar di Brisbane

Didisain oleh firma Cox Architects, Jembatan Kurilpa dikatakan sebagai jembatan pejalan kaki terpanjang. Dengan rentang 470 meter, jembatan tersebut menghadirkan sistem pencahayaan LED yang ditenagai hampir seluruhnya oleh 84 panel surya terintegrasi yang menghasilkan sekitar 100KWh perhari. Dan karena terhubung kisi, jembatan dapat memperoleh energi yang dibutuhkan atau mengembalikan ke kisi ketika energinya berlebih.

2. Telok Blangah Hill Park’s Flying Infrastructure in the Sky

Terletak diatas 120 kaki diatas hutan di Telok Blangah Hill Park diluar Singapura, memungkin para pengunjung dapat mengamati suasana hutan dari atas. Para insinyur mendisain jalan untuk pengunjung sedekat mungkin dengan alam tanpa mengganggu keseimbangan dibawah.

3.  Proyek LM Pelabuhan Copenhagen

Contoh yang menarik perhatian kita pada jembatan surya berskala besar, Proyek LM Pelabuhan Copenhagen oleh Steven Holl Architects menggabungkan teknologi yang ramah seperti pencakar-langit berlapis photovoltaic, jembatan angkat bertabur turbin angin, sistem pemanas dan pendingin air laut, dan pemanas ruangan tenaga surya.

4. Jembatan Langit Lengkawi, Malaysia

Contoh lain yang mengagumkan adalah, jembatan lebar 6 kaki angkasa Langkawi berdiri di 2000 kaki diatas permukaan laut di puncak bukit Mat Cincang. Sebuah keajaiban dunia teknik modern, jembatan melikuk memungkinkan pengunjung mendapatkan pengalaman menarik dari atap hutan dan kehidupan didalamnya. Dan pengunjung akan mendapatkan pemandangan Lengkawi, sebuah kepulauan yang terdiri dari 99 pulau.

5. Konsep Jembatan Tenaga Surya Hunian London

Seperti apakah jembatan masa depan? Kita mungkin berpikirkan sesuatu yang mirip dengan konsep desain jembatan London. Didisain oleh Chetwood’s Architects, jembatan ini ditempatkan pertama dalam tantangan desain yang meminta konsep-konsep untuk jembatan London masa depan. Desain dari  Chetwood sudah termasuk pertanian vertikal hidroponik, masyarakat pasar,  makanan organik, selubung fotovoltaik, turbin angin vertikal, pengumpul air hujan, pengolahan air,  dan daur ulang.

sumber : inhabitat.com

Menu