ISO 14001: Sistem Manajemen Lingkungan yang Dibutuhkan Perusahaan

Menjaga keseimbangan lingkungan merupakan tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh perusahaan pada saat ini. Ketika perusahaan beroperasi, proses bisnis yang dilakukan oleh perusahaan tersebut berpotensi menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan, seperti: pencemaran air, pencemaran udara, atau kerusakan keanekaragaman hayati. Dampak ini juga akan memberikan risiko yang dapat memengaruhi bisnis perusahaan.

Kesadaran dunia industri akan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan, menuntut setiap perusahaan untuk menjalankan dan menjaga kinerja lingkungan yang baik. Untuk menunjang hal ini, perusahaan harus menerapkan ISO 14001: 2015. Ketika perusahaan berupaya untuk menerapkan ISO 14001, maka perusahaan tersebut telah memiliki komitmen untuk memperbaiki secara terus menerus kinerja lingkungannya.

Apakah itu ISO 14001?

Sama seperti standar ISO lainnya, ISO 14001 adalah standar sistem yang diakui secara Internasional untuk sistem manajemen pengelolaan lingkungan. ISO 14001 ini mengatur secara sistematik dan mengelola risiko lingkungan, sehingga dapat mengurangi keluhan masyarakat dan menjaga keseimbangan lingkungan secara komprehensif.

Mengapa perusahaan perlu menerapkan sistem manajemen pengelolaan lingkungan?

Tata kelola lingkungan perusahaan, khususnya pada tingkat manajerial yang baik dapat menjadi kunci utama untuk memajukan perusahaan Anda. Lingkungan tersebut bukan sekadar mempengaruhi pada tingkat internal perusahaan saja, melainkan juga akan mendatangkan dampak positif pada tingkat eksternal dan terutama pada produk yang dihasilkan oleh perusahaan Anda.

Lalu, apa saja manfaat ISO 14001 bagi perusahaan?

  1. Meningkatkan Citra Perusahaan dan Kredibilitas Organisasi
    Apabila perusahaan Anda mengikuti sebuah tender dan membutuhkan sertifikasi ISO 14001, inilah sebuah keuntungan yang nyata dari manfaat sertifikasi ISO 14001. Walau bukan persyaratan formal, namun banyak pelanggan, pemangku kepentingan (stakesholder) yang tertarik dengan bagaimana Anda peduli terhadap lingkungan sekitar.Salah satu cara untuk meyakinkan orang lain bahwa perusahaan Anda berkomitmen di dalam menjaga keseimbangan lingkungan adalah dengan menerapkan sistem manajemen lingkungan yang dibuktikan dengan sertifikat ISO 14001. Ahmad Setiawan, auditor dari Decra Conculting Jakarta, melakukan sebuah penelitian terkait penerapan ISO 14001:2015. Hasil penelitiannya mengatakan bahwa perusahaan yang menerapkan ISO 14001 akan mendapatkan banyak manfaat atau dampak positif bagi perusahaannya. Secara manajemen, perusahaan mengalami peningkatan kinerja lebih baik hingga 37 %. Ditambah lagi, publik melihat image perusahaan sangat baik hingga di angka 65 %.
  1. Menekan Biaya Operasional
    Melalui sistem manajemen lingkungan, perusahaan dituntut untuk mengidentifikasi, mengendalikan, dan mengurangi jumlah insiden lingkungan yang mungkin akan terjadi dan dapat merugikan perusahaan. Dan juga, sistem manajemen lingkungan dapat membantu perusahaan untuk mengurangi biaya dengan cara hemat energi dan hemat dalam menggunakan bahan mentah yang dibutuhkan untuk memproses atau menghasilkan suatu produk.Dalam penelitiannya, Ahmad Setiawan juga menyoroti manfaat sistem manajemen lingkungan dari sisi financial. Ia mengatakan bahwa perusahaan yang menerapkan sistem manajemen lingkungan bisa melakukan saving cost rata-rata 100.000 dolar.
  1. Menjadi Pemasok dan Menambah Manfaat Kompetitif
    Sertifikasi ISO 14001 memungkinkan Anda untuk bekerja dengan perusahaan yang menggarisbawahi atau mengutamakan ramah lingkungan.

Kepedulian Anda terhadap kelestarian lingkungan merupakan tujuan utama dilakukannya sertifikasi sistem manajemen lingkungan. Dapat dipahami bahwa keuntungan yang besar harus disertai dengan tingginya nilai keselamatan lingkungan. Sebagai pemilik perusahaan, Anda harus peduli dalam menjaga keseimbangan lingkungan.

Pahami manfaatnya, pelajari sistem kerjanya, dan buat lingkungan tetap terjaga.

Segera hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Sumber : File PDF NQA 14001-Implementation Guide (1)

Menu
Open chat