Hutan Berdasarkan Lingkungannya

Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.

Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita dapat menemukan hutan baik di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar.

hutan itu tergolong masyarakat ekologi atau biom yang paling beragam dan paling rumit. Hutan meliputi 30% dari luas daratan bumi dan hanya tumbuh di kawasan yang cukup banyak hujannya untuk memenuhi kebutuhan airnya yang sangat banyak. Jenis pohon peluruh atau hijau abadi—yang tumbuh di sebuah hutan ditentukan oleh geografi dan iklim kawasan tersebut.

Pohon peluruh kehilangan daunnya selama musim diingin atau musim kemarau, sementara tumbuhan hijau abadi tetap hijau sepanjang tahun. Tumbuhan itu dapat tergolong berdaun lebar atau berdaun jarum. Kawasan dengan musim panas terik dan musim dingin yang beku mendorong tumbuhnya hutan pohon peluruh berdaun lebar, yang meluruhkan daun dengan datangnya embun beku yang pertama, kemudian bertunas lagi pada musim semi. Di wilayah utara yang banyak saljunya, banyak terdapat pohon hijau abadi yang berdaun jarum. Daun halus dan berlilin pada pohon ini sangat memperkecil hilangnya uap air. Tumbuhan hijau abadi berdaun lebar tumbuh subur di iklim hangat dan basah; daunnya mengumpulkan cahaya matahari serta uap air.

Hutan Boreal

Pohon hijau abadi berdaun jarum atau pohon runjung, misalnya eru gunung, balsam, dan tusam, membentuk hutan boreal yang menyelimuti wilayah paling utara di Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Hutan-hutan ini sangat teradaptasi pada musim dingin yang  beku serta musim panas yang dingin.

Hutan Tropis

Hutan tropis tumbuh subur di wilayah khatulistiwa, di tempat yang suhu rata-ratanya 27°Celcius dan curah hujan tahunannya berkisar dari 150 hingga 1.000 sentimeter. Tumbuhan hijau abadi yang berdaun lebar paling banyak terdapat di hutan ini; pohon yang paling besar sering didukung oleh akar tunjang yang lebar seperti papan.

Hutan Peluruh Iklim Sedang

Iklim Amerika Utara bagian utara, Eropa Barat, dan Asia Timur mendorong tumbuhnya hutan peluruh iklim sedang. Pohon hutan yang berdaun lebar, seperti ki kanada, bek, berangan, dan pulen gunung, berubah sesuai dengan musim: banyak jenis berbunga pada musim semi dan berubah pada musim gugur.

Hutan Hujan Iklim Sedang

Hutan hijau abadi berdaun lebar tumbuh subur di tempat yang musim dinginnya sedang dan banyak curah hujannya, misalnya Jepang bagian selatan, Selandia Baru, Australia, Meksiko timur laut, dan bagian tenggara Amerika Serikat. Mangle, berangan hijau abadi, dan betula dari belahan bumi selatan kerap kali berganti daun dan tetap hijau sepanjang tahun.

Hutan Bakau

Bakau tumbuh sepanjang garis pantai tropis dan subtropis. Akar beberapa jenis bakau yang melengkung itu tumbuh di atas air untuk mengambil udara. Bijinya tumbuh di pohonnya dengan mengeluarkan tunas sepanjang 30 senitmeter. Tunas ini akan jatuh ke air dangkal, menempel di lumpur, dan tumbuh.

Sumber : nationalgeographic.co.id, id.wikipedia.org

Menu