Konsultasi Penilaian PROPER di PT. Cabot Indonesia

  1. Home
  2. Environment Event
  3. Konsultasi Penilaian PROPER di PT. Cabot Indonesia

Konsultasi Penilaian PROPER Biru di PT. Cabot Indonesia

PROPER adalah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan yang dikembangkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) sejak tahun 1995 guna mendorong perusahaan meningkatkan pengelolaan lingkungannya. Dari penilaian PROPER, perusahaan akan memperoleh penilaian sesuai bagaimana pengelolaan lingkungannya. Penilaian tersebut menggunakan nilai warna, yaitu warna emas, hijau, biru, merah dan hitam. PROPER warna emas, hijau, dan biru menunjukkan nilai yang sudah baik, dengan nilai emas adalah yang terbaik. Sedangkan nilai merah masih kurang baik, dan hitam adalah yang paling buruk. Perusahaan yang memperoleh nilai emas artinya perusahaan tersebut sudah menerapkan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh dan kontinu. Jika sebuah perusahaan mendapat dua kali warna hitam secara berturut-turut, perusahaan dapat dituntut dan izin usaha juga akan dihentikan. Yang dinilai dalam penilaian PROPER adalah penaatan terhadap pengendalian pencemaran air, udara, pengelolaan limbah B3, dan penerapan AMDAL. Selain itu, dinilai pula sistem manajemen lingkungan, pemanfaatan limbah, konservasi sumberdaya dan pelaksanaan CSR nya. Proper yang bagus akan meningkatkan ‘nilai jual’ perusahaan tersebut di dunia usaha.

Indonesia Environment & Energy Center, member of Proxsis sedang membantu PT. Cabot Indonesia dalam proses submit penilaian PROPER Biru.

PT. Cabot Indonesia adalah anak perusahaan dari Cabot Corp. yang merupakan produsen Carbon Black terbesar dan terkemuka di dunia. Carbon black adalah bahan yang digunakan sebagai penguat bahan karet, sebagai pigment hitam, dan karena konduktivitasnya digunakan dalam beberapa alat elektrik juga. PT. Cabot Indonesia berbasis di Cilegon, Banten.

Menu
Open chat