Afionisk, Alat Filterisasi dan Konversi Asap Pabrik

  1. Home
  2. Article
  3. Afionisk, Alat Filterisasi dan Konversi Asap Pabrik
sumber foto: freddabranyon.com
sumber foto: freddabranyon.com

Seiring dengan perkembangan zaman, dunia industri telah banyak membawa dampak bagi kehidupan di dunia ini, baik dampak yang bersifat positif maupun dampak yang bersifat negatif. Namun dampak yang bersifat negatif justru dapat menurunkan kualitas dan kenyamanan hidup, karena adanya pencemaran lingkungan yang ditimbulkan dari industri itu sendiri.

Emisi yang dikeluarkan dari gas buang industri diantaranya adalah CO2, CO, dan HC yang merupakan gas yang paling berbahaya dan memiliki persentase tertinggi. Gas tersebut cukup berbahaya bagi kesehatan manusia bahkan dapat menyebabkan kematian apabila berada diatas standar baku mutu.

Selain industri menghasilkan emisi gas, industri juga menghasilkan limbah panas dimana dihasilkan oleh proses pembakaran bahan bakar atau reaksi kimia, yang kemudian dibuang ke lingkungan dan tidak diguna ulang untuk tujuan ekonomis dan bermanfaat.

Untuk mengatasi pencemaran udara akibat emisi gas buang dan pemakaian limbah panas yang seharusnya dapat dimanfaatkan agar pelaku usaha dapat mengemat anggaran rumah tangga dari perusahaan maka perlu adanya solusi.

Hal ini membuat Ravitullah Novan Putra, Fitra Aribsamika, Khanif Pramusinto, Imam Noor Said, Hilma Muthiah, Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang membuat sebuah inovasi baru yaitu Protoype cerobong asap dilengkapi dengan filter asap dan pengkonversi limbah panas menjadi listrik.

Filter yang dipakai menggunakan metode filter listrik statis untuk filter asap nya dengan efisensi yang cukup tinggi hingga mencapai 90%. Cara kerja alat ini adalah dengan menggunakan arus searah (DC), alat pembakaran ini berbentuk silinder di mana dindingnya diberi muatan positif, sedangkan di atas ada sebuah kawat yang merupakan pusat silinder, sejajar dinding tabung, diberi muatan negatif. Adanya perbedaan tegangan yang cukup besar akan menimbulkan corona discharge di daerah sekitar pusat silinder. Hal ini menyebabkan udara kotor akan ditarik oleh dinding tabung sedangkan udara bersih akan berada di tengah-tengah silinder dan kemudian terhembus keluar.

Untuk mengubah energi panas menjadi listrik digunakan 9 buah thermoelectric generator yang mengkonversi panas (perbedaan suhu) langsung menjadi energi listrik, menggunakan fenomena yang disebut efek Seebeck (bentuk efek termoelektrik) yang panasnya didapat dari pembakaran pada prototype cerobong asap ini. Tegangan yang didapat dari pembakaran yang dilakukan bisa mencapai 36V DC.

Sumber: rubik.okezone.com

Menu