1.128 PNS ESDM Dibekali Ilmu Jadi Pasukan Khusus Hemat Energi

Menteri ESDM Sudirman Said sedang membentuk satuan khusus hemat energi yakni Brigade Energi. Jumlah pasukan ini mencapai 1.128 orang yang berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian ESDM.

Saat ini, pasukan tersebut sedang mendapatkan pembekalan/pelatihan untuk menjadi Brigade Energi, di Pusdiklat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Ciracas, Jakarta Timur.

Direktur Jenderal EBTKE Rida Mulyana mengungkapkan, ada 2 sesi pelatihan yang diberikan kepada calon Brigade Energi yang selama lima hari berturut-turut di kamp Pusdiklat EBTKE.

“Isi pelatihannya yang pertama, pembekalan tentang konservasi energi dan leadership dan lainnya. Kedua, mendapatkan materi kebijakan dan program konservasi energi, energi dan permasalahannya, pengenalan kiat-kita hemat energi ditambah praktik pengenalan audit energi, serta membangun budaya hemat energi (pendekatan sosiologi),” kata Rida, Selasa (25/8/2015).

Rida mengatakan, setelah pelatihan selesai, diharapkan para Brigade Energi ini bisa menjadi garda terdepan menyukseskan program konservasi energi.

“Hemat energi itu tampak mudah tapi nyatanya sukar dilakukan. Banyak juga yang belum tahu cara-cara sederhana namun bisa hemat energi listrik, BBM, dan air sangat banyak bila hemat energi sudah jadi budaya dan dilakukan rakyat Indonesia terutama para generasi mudah kita,” tutup Rida.

Sumber : detik.com

Rate this post