Dorongan Peningkatan Ketahanan Energi Nasional melalui IndoEBTKE ConEx 2020

Dorongan Peningkatan Ketahanan Energi Nasional melalui IndoEBTKE ConEx 2020

Artikel, Berita

IndoEBTKE ConEx 2020 ke-9 yang diselenggarakan oleh Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) di masa pandemi Covid-19 ini dengan tema “It’s Time to Invest in Renewable Energy for Energy Transition and Economic Recovery”, resmi diluncurkan pada 8 Oktober 2020. Kegiatan yang didukung oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini diharapkan mampu mendorong peningkatan ketahanan energi nasional. Tidak dapat kita pungkiri bahwa peran energi terbarukan sangat perlu ditingkatkan dalam rangka transisi energi Indonesia menuju pemanfaatan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan, yang sejalan dengan komitmen internasional Indonesia terhadap Perjanjian Paris untuk penurunan emisi gas rumah kaca global.

Transisi energi juga merupakan kebutuhan yang sudah harus dijalankan segera, selain untuk menyiapkan diri terhadap berkurangnya ketersediaan energi fosil, transisi energi juga diprediksi dapat menurunkan emisi gas rumah kaca dari sektor energi. Di sisi lain, percepatan pengembangan energi terbarukan juga dapat digunakan untuk pemulihan ekonomi pasca Covid-19, karena pengembangan energi terbarukan akan membuka aliran investasi dan menyediakan lapangan kerja baru.

Selaras dengan sambutan yang disampaikan oleh Surya Darma selaku Chairman of IRES/METI “Kehadiran IndoEBTKE ConEx ini telah menjadi rujukan industri tentang bagaimana energi berkelanjutan dapat meningkatkan ketahanan energi untuk masa depan sekaligus investasi untuk pemulihan ekonomi nasional. Kita perlu memanfaatkan sumber daya dan finansial yang ada untuk mendukung target transisi energi. Untuk itu, event ini akan menyajikan berbagai perspektif yang komprehensif untuk mengadvokasi stakeholder tentang energi terbarukan dan dapat mencapai target bauran energi yang telah ditetapkan. Dengan hadirnya dukungan pemerintah dalam acara ini juga untuk menjalin sinergi antara pelaku industri dengan pemerintah untuk bersama-sama mencapai target sehingga pemanfaatan energi bersih dapat terwujud,” ujar Surya Darma.

Indonesia Environment and Energy Center sebagai bagian dari Synergy Solusi dan Proxsis Group mendorong setiap langkah yang dilakukan oleh organisasi dan pemerintah dalam usaha melindungi dan memperbaiki kondisi lingkungan melalui inovasi-inovasi yang dilakukannya, termasuk mendorong peningkatan ketahanan energi nasional melalui IndoEBTKE ConEx 2020 ke-9 pada tanggal 23-28 November 2020. Semoga semua pelaku industri juga dapat menyambut baik langkah ini dengan senantiasa mulai melakukan perbaikan dalam penggunaan energi untuk proses industri yang dilakukan.

Rate this post