9 Tips Zero Waste di Tempat Kerja

Dewasa ini, masalah pencemaran lingkungan akibat sampah rumah tangga semakin banyak terjadi. Untuk itu, kampanye-kampanye ‘zero-waste’ sering dikumandangkan. Masyarakat mulai menerapkan gaya hidup bebas limbah di rumah dan lingkungan. Namun, kadang kebiasaan baik tersebut tidak berlanjut ketika berada di kantor. Untuk sebagian orang, kantor adalah tempat kedua yang paling sering dikunjungi setelah rumah. Jadi sudah seharusnya kita menjaga lingkungan kantor agar tetap bersih, setidaknya dengan mengurangi sampah.

Walaupun di lingkungan kantor tidak terlalu peduli dengan masalah sampah. tidak ada salahnya untuk kita memberikan insprasi dan mempengaruhi orang lain untuk menerapkan gaya hidup bebas limbah. Langkah awal, kita bisa menggunakan botol minum yang dapat digunakan berulang kali untuk menggantikan botol kemasan sekali pakai, mengganti kantong plastik dengan tas yang bisa digunakan kembali, dan mengurangi sampah-sampah bekas makanan dengan membawa bekal dari rumah. Namun, penerapan ‘zero-waste’ tidak hanya sampai di situ, banyak aktivitas lainnya agar lebih proaktif dalam mengurangi limbah, seperti mengurangi penggunaan kertas hingga mengganti peralatan kantor yang sesuai dengan prinsip ‘zero-waste’.

Gaya hidup bebas limbah sejalan dengan penerapan ekonomi sirkular, pemanfaatan sumber daya agar dapat digunakan selama mungkin, hal ini jelas dapat membantu mengurangi jumlah limbah. Dapat dikatakan, pengelolaan limbah di kantor tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan tapi juga menguntungkan dari sisi bisnis.

Sebuah perusahaan di Hyderabad, CA Technologies menggunakan metode yang menarik untuk mengurangi limbah sisa makanan dari kantinnya. Mereka menunjukan volume limbah makanan yang dihasilkan setiap harinya, dengan data tersebut mereka mengandaikan jumlah orang yang seharusnya bisa mengonsumsi makanan yang terbuang sia-sia tersebut. Hasil dari metode ini berhasil menurunkan jumlah limbah hingga 80%.

Berikut ini adalah tips untuk memulai menerapkan gaya hidup bebas limbah di kantor:

  1. Siapkan barang-barang yang dapat digunakan kembali (reusable);
  2. Hindari membuang-buang makanan;
  3. Batasi memesan makanan, bawa bekal makanan dari rumah;
  4. Gunakan peralatan kantor yang dapat didaur ulang;
  5. Gunakan gelas kaca untuk mengambil kopi/teh;
  6. Bijak dalam penggunaan air dan tisu di toilet;
  7. Menggunakan tempat sampah yang berbeda untuk jenis sampah yang berbeda;
  8. Matikan listrik yang tidak digunakan;
  9. Bijak dalam menggunakan kertas.

Kebiasaan yang sudah melekat memang sulit untuk dihilangkan. Gaya hidup bebas limbah memang harus dimulai dengan keinginan untuk mengubah kebiasaan hidup konsumtif. Karena pada akhirnya, apa yang kita lakukan hari ini tidak hanya berguna untuk diri sendiri, tapi juga untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan.

 

Synergy Solusi member of Proxsis mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk mengurangi sampah di lingkungan sekitar. Kami membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat dan perusahaan metode-metode pengurangan sampah dan pengelolaan limbah di lingkungan.

 

Sumber: zerowaste.id

Menu
Open chat