9 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sudah dua bulan sejak pemerintah mengeluarkan kebijakan menjaga jarak (social distancing) dan menjaga kebersihan diri (personal hygiene) dalam upaya pencegahan penularan virus Covid-19. Walaupun sudah mengalami pelambatan pergerakan penambahan kasus baru, angka terkonfirmasi virus Covid-19 masih terus naik. Dalam melaksanakan ibadah puasa di tengah pandemi, tentu kita harus lebih ekstra dalam menjaga kesehatan. Setiap manusia memilki sistem kekebalan tubuh, yang merupakan pertahanan pertama untuk melawan berbagai penyakit. Namun, kekebalan tubuh yang dimiliki akan mudah dilawan jika pola hidup kita tidak sehat.Dalam artikel sebelumnya telah dibahas mengenai perilaku hidup bersih dan sehat. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat.

Mengonsumsi makanan sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena pada masa pandemi seperti ini tidak cukup hanya dengan meminum vitamin. Tidak ada penelitian khusus yang dilakukan untuk menjelaskan makanan yang dapat membantu melawan Covid-19. Namun, banyak penelitian yang menerangkan berbagai jenis makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dikutip dari laman CNBC, berikut adalah sembilan jenis makanan sehat yang mampun meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

  1. Paprika Merah

Kandungan vitamin C dalam paprika merah adalah yang paling tinggi di antara buah dan sayuran lainnya. Vitamin C berfungsi untuk membantu dan pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Berdasarkan penelitian Departemen Pertanian AS, satu cangkir paprika merah mengandung 211% vitamin C, kandungan ini lebih banyak dua kali lipat dari vitamin C yang terkandung pada satu buah jeruk (106%).

  1. Brokoli

Brokoli kaya akan serat, kalsium, kalium, fitonutrien, vitamin C, vitamin E, seta mengandung antioksidan yang mampu membantu melawan bakteri dan virus. 100gram brokoli dapat memenuhi 150% kebutuhan harian vitamin C orang dewasa.

  1. Buncis

Menurut Emili Wunder, seorang ahli gizi, buncis mampu mengendalikan dan mengatur respon kekebalan tubuh. Buncis mengandung asam amino yang membantu menumbuhkan dan memperbaiki jaringan tubuh.

  1. Stoberi

Satu cangkir stroberi mengandung vitamin C yang dapat memenuhi 100% kebutuhan harian orang dewasa. Selain itu, stoberi juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari radikal bebas akibat polusi udara.

  1. Bawang Putih

Kandungan belerang pada bawang putih ampuh menepis enzim yang terlibat dalam proses infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, dua hingga tiga siung bawang putih dapat menangkal dan menyembuhkan pilek.

  1. Jamur

Jamur mengandung vitamin D. Seperti halnya vitamin D yang didapatkan dari penyerapan sinar matahari bermanfaat untuk kesehatan tulang, kanker, dan penyakit pernafasan.

  1. Bayam

Vitamin A pada bayam adalah komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh, selain itu, bayam juga kaya vitamin C dan antioksidan.

  1. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang merupakan bakteri baik untuk membantu sistem pencernaan dan kekebalan tubuh. Penelitian terbaru menemukan probiotik dapat melawan infeksi saluran pernafasan.

  1. Biji Bunga Matahari

Biji Bunga Matahari kaya akan vitamin E, antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Satu ons biji bunga matahari dapat memenuhi 49% kebutuhan vitamin E harian.

Cara terbaik untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat di atas adalah memakannya mentah atau sedikit dimasak. Proses memasak yang terlalu lama akan mengurangi bahkan menghilangkan kandungan vitamin dan mineral dalam bahan makanan.

Synergy Solusi Indonesia member of Proxsis melalui Environment-Indonesia, membantu dalam mengembangkan kompetensi seorang dalam melakukan tugasnya terutama di bidang kesehatan dan lingkungan agar memenuhi target perusahaan dalam mewujudkan kesehatan karyawan dan keseimbangan lingkungan.

 

Sumber:

www.cnbcindonesia.com

halodoc.com

 

Menu
Open chat