5 Tips untuk Plant Manager: Sumber Penghematan Besar

Harga minyak tak-kan selamanya murah, dan minyak tidak mempengaruhi harga gas alam atau tarif listrik. Walaupun pemerintah tidak berniat untuk menaikkan tarif listrik industri dalam waktu dekat, tidak ada salahnya mulai menghemat energi. Pasalnya, efisiensi energi adalah salah satu hal yang penting dan perlu diperhatikan agar perusahaan bisa tetap kompetitif.

Seperti biasa, bagi seorang change agent, tentu ada banyak celah untuk improvement. Inilah lima area yang bisa dijadikan sumber penghematan:

Proses Pemanasan

Biaya proses heating atau proses pemanasan dapat diturunkan dengan mengimplementasikan best practice hemat energi. Pasalnya, process heating memakan sepertiga jumlah energi yang dipakai di sektor manufaktur. Penghematan di area ini tentu akan memberikan dampak besar. Fasilitas Anda bisa memperoleh penghematan dengan memonitor dan mengontrol rasio exhaust-gas dan air-to-fuel, memperbaiki heat-transfer dan menggunakan teknologi waste-heat recovery. Jika proses Anda membutuhkan air panas dalam jumlah banyak, pemanasan dengan sistem pemanas air tenaga surya akan memberikan penghematan signifikan dalam operasional pabrik.

Mesin dan Peralatan

Operasional mesin merepresentasikan lebih dari 22% penggunaan listrik di sektor manufaktur. Dengan menganalisa shaft dan kegagalan dalam sistem, serta meningkatkan efisiensi sistem, Anda bisa mengurangi biaya operasional secara signifikan. Terkadang, Anda perlu mengganti mesin atau peralatan di pabrik. Namun tidak semua upgrade membutuhkan dana besar. Anda bisa menemukan cara meningkatkan kinerja mekanis pabrik dengan menerapkan berbagai alternatif prosedur operasional atau perawatan mesin.

Pencahayaan

Para ahli di bidang¬†building performance¬†umumnya menganggap pencahayaan atau¬†lighting¬†sebagai¬†‚Äúlow hanging fruit‚ÄĚ dalam upaya penghematan energi. Opsi-opsi penghematan biaya melalui pencahayaan diantaranya memanfaatkan sinar matahari sebagai penerangan di siang hari dengan modifikasi tertentu pada sistem jendela atau langit-langit, menggunakan lampu hemat energi atau¬†fluoerscent, atau lampu tube LED. Meningkatkan efisiensi pencahayaan tidak selalu dengan mengganti semua infrastruktur lampu Anda. Anda bisa mengkonversi¬†housing¬†yang ada dengan¬†retrofit kit¬†yang bisa ditemukan di pasaran.

Utility

Jangan mengandalkan penyedia jasa utility Anda sebagai partner penghematan energi. Tinjau kembali pemakaian utility di pabrik Anda dan hubungi mereka untuk meminta procurement alternatif atau opsi-opsi lain yang bisa membantu Anda menghemat energi. Banyak penyedia jasa utility yang meminta tarif tambahan untuk pemasangan utility hemat energi. Jika demikian, mungkin Anda bisa mempertimbangkan beberapa kompetitor mereka dan jangan ragu untuk bernegosiasi. Anda mungkin bisa memperoleh banyak keuntungan dari kompetisi antar-perusahaan utility.

Karyawan

Perilaku karyawan adalah komponen vital dalam upaya efisiensi energi. Pastikan karyawan telah memahami target-target efisiensi energi Anda berikut perkembangannya, dan beri penghargaan jika mereka melakukan sesuatu yang mendukung inisiatif tersebut. Jangan lupa untuk selalu mendorong mereka mengeluarkan ide mengenai bagaimana pabrik bisa menjadi lebih efisien. Anda akan terkejut dengan banyaknya saran, ide, dan mungkin saja mereka akan melakukan apa yang mereka sarankan dalam pekerjaan mereka sendiri. Faktanya, studi menunjukkan bahwa peningkatan efisiensi energi biasanya membuat karyawan makin produktif.

Ketika merencanakan program penghematan energi untuk fasilitas manufaktur Anda, selalu pertimbangkan celah-celah perbaikan tanpa biaya atau dengan biaya seminimal mungkin. Lalu, setelah biaya operasional menurun, mulailah berinvestasi dengan infrastruktur baru untuk menghemat energi, seperti sistem listrik tenaga surya yang akan memberi keuntungan besar. Dengan pendekatan tersebut, upaya efisiensi energi Anda akan membantu mempertahankan posisi perusahaan dalam kompetisi industri dari waktu ke waktu

Menu