Sambut Lebaran 2019, Yuk Kontrol Nafsu Makan

Pada bulan Ramadan, seluruh umat Islam diwajibkan berpuasa, dengan berpuasa umat muslim tidak hanya diajarkan menahan lapar dan haus, tetapi  juga melatih agar lebih mampu mengontrol diri, menahan amarah dan berbagai macam penyakit hati lainnya,  serta melatih diri agar meningkatkan amal kebaikan.

Tidak heran saat bulan Ramadan, banyak masyarakat yang berlomba-lomba dalam beramal atau bersedekah baik berupa sandang, pangan ataupun menyisihkan rezeki untuk diberikan kepada teman-teman yang tidak mampu

Setelah satu bulan berpuasa umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Fitri, atau umumnya disebut Lebaran. Hari kemenangan bagi umat muslim, erat kaitannya dengan budaya mudik hingga saling mengunjungi sanak saudara serta kerabat untuk saling berjabat tangan dan  mempererat silaturahmi. Saat bersilaturahmi itulah berbagai macam makanan khas lebaran disajikan disetiap rumah. Bukan hanya aneka kue kering, makanan beratpun disajikan untuk tamu yang datang.

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan sajian kuliner saat lebaran, yang paling sering dijumpai adalah ketupat dan opor ayam. Banyak daerah di Indonesia memiliki makanan khas lebaran  yang berbeda-beda. Misal saja di Aceh, ada kuah labu dan bebek gulai kurma, kemudian gulai nangka di Medan, rendang di Padang, ayam gagape di Makassar, kelapatte khas Madura, soto betawi di Jakarta dan banyak lagi di daerah lainnya. Semua menu tersebut tidak lepas dari jenis daging, ayam dan bebek. Sadar atau tidak, hampir semua masakan di berbagai daerah berbahan santan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi.

Menurut American Heart Association yang dilansir CNN Indonesia, mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak jenuh dan bersantan merupakan salah satu penyebab penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit jantung koroner.

Synergy Solusi sebagai perusahaan yang juga bergerak di bidang kesehatan menilai, penting bagi umat Islam mengontrol konsumsi makanan saat lebaran. Selain itu, untuk mengantisipasi gangguan kesehatan yang akan timbul, ada baiknya sebelum memakan hidangan berat di Hari Raya, sebaiknya dahulukan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Tujuannya, supaya tubuh memiliki kandungan serat yang cukup untuk mengontrol lemak berlebih.

Selain itu, minum air putih juga sangat disarankan  agar nafsu makan bisa lebih ditekan. Dengan kata lain,  saat berkunjung kerumah saudara atau kerabat, tidak langsung tergoda untuk menyicipi hidangan di atas meja.

Sumber:
https://ramadan.sindonews.com/read/884573/73/menahan-godaan-di-bulan-ramadan-1405766019
https://blog.tiket.com/makanan-khas-lebaran-di-berbagai-daerah-di/
https://www.pressreader.com/

Menu