Penyebab Food Waste dan Dampaknya

Artikel

Penyebab Food Waste dan Dampaknya. Masih banyak diantara kita yang tidak menghabiskan makanan kemudian terbuang menjadi sampah atau food waste yang semakin hari semakin menumpuk. Padahal food waste ini bisa mendatangkan ancaman yang cukup serius untuk jangka panjang, seperti krisis pangan jika makanan sisa tidak dikelola dengan baik.

Masalah food waste ini telah menjadi perhatian dunia, karena jumlahnya yang cukup besar. Misalnya saja Indonesia yang menjadi negara dengan jumlah makanan terbanyak di Asia Tenggara pada 2012 lalu dengan jumlah sampah makanan sebanyak 20,93 juta ton. Laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat sampah makanan merupakan sampah paling banyak yaitu mencapai 28,3 persen dari total sampah yang diproduksi selama 2021.

Penyebab food waste ini tidak lepas dari kebiasan buruk masyarakat yang masih sering tidak menghabiskan makanan. Padahal, jika masyarakat lebih sadar akan dampak dari food waste ini maka ancaman yang datang kemudian hari bisa dicegah dari sekarang.

 

Apa Saja Dampak Food Waste?

Food Waste memberikan sejumlah dampak yang buruk, bukan hanya pada lingkungan, namun juga untuk manusia. Berikut dampak-dampak dari Food Waste.

  • Krisis Pangan

Dampak yang paling mengkhawatirkan dari Food Waste yaitu ancaman kelangkaan atau krisis pangan, karena tingginya sumber makanan yang tidak diproduksi dan dimanfaat semestinya. Selain itu membuang sisa makanan sama artinya membuat sumber daya yang digunakan selama proses produksi makanan tersebut, sehingga mengantarkan manusia secara langsung atau tidak pada kondisi kelangkaan pangan.

  • Pemanasan Global

Sisa makanan yang menumpuk dalam jumlah besar akan menghasilkan gas metana yang dapat membentuk gas rumah kaca yang menjadi salah satu pemicu pemanasan global.

  • Limbah Air Lindi

Selain gas metana, sampah sisa makanan juga dapat menghasilkan limbah air lindi yang bisa mencemari tanah dan air.

 

Bagaimana Mengatasi Food Waste?

Food Waste merupakan permasalahan serius yang harus diatasi oleh seluruh pihak, baik pemerintah atau pun masyarakat. Berikut tips mengatasi Food Waste.

  • Membeli Makanan Sesuai Kebutuhan

Salah satu penyebab utama dari Food Waste ini karena kita mengonsumsi makanan yang berlebihan sehingga tidak habis dan terbuang menjadi sampah. Kebiasaan buruk ini harus mulai diubah dengan membeli makanan sesuai dengan kebutuhan.

 

  • Menerapkan Konsep 6R

Konsep 6R yaitu Refuse, Reuse, Reduce, Recycle, Root dan Rethinking perlu diterapkan masyarakat dalam mencegah food waste. Khususnya pada reduce atau mulai mengurangkan sisa makanan.

  • Food Preparation

Food Preparation merupakan tips selanjutnya dalam mengurangi food waste, dengan menyiapkan kebutuhan makanan mulai dari harian, mingguan atau pun bulanan. Sehingga tidak makanan yang tersisa dan terbuang menjadi sampah.

  • Mengompos

Mengompos sisa makanan merupakan salah satu langkah yang efektif daripada membuang sisa makanan tersebut menjadi sampah. Kita bisa memilah sisa makanan untuk dijadikan kompos.

Kita mungkin masih sering tidak peduli dengan sisa makanan, padahal hal tersebut bisa mendatangkan ancaman yang cukup mengkhawatirkan terhadap keberlangsungan hidup manusia di masa mendatang. Setiap kita memiliki peran dan tanggung jawab untuk menjaga bumi dari kerusakan, salah satunya tidak menjadi penghasil sampah makanan. Mulai dari sekarang mari kurangi untuk membuang sisa makanan agar bumi tetap sehat dan aman kedepannya.

Menu