PROPER KLHK

Penilaian kinerja pengelolaan lingkungan suatu kegiatan industri memerlukan indikator yang terukur. Hal inilah yang diterapkan oleh pemerintah dengan tujuan meningkatkan peran perusahaan dalam melakukan pengelolaan lingkungan sekaligus menimbulkan efek stimulan dalam pemenuhan regulasi lingkungan dan nilai tambah terhadap pemeliharaan sumber daya alam, konservasi energi dan community development.

Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) telah melaksanakan program lingkungan yang diberi nama PROPER atau Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. PROPER didesain untuk mendorong penataan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan melalui instrumen insentif dan disinsentif.

Layanan PROPER KLHK oleh IEC

ASESMEN PROPER

KONSULTASI PROPER

PELATIHAN PROPER

Layanan Asesmen PROPER

Asesmen dilakukan dengan melakukan penilaian atas dokumen serta kondisi terkini perusahaan berdasarkan kriteria PROPER yang ditargetkan.

Hasil akhir dari asesmen PROPER ini akan memperlihatkan perkiraan nilai dari pencapaian PROPER sesuai dengan kondisi terkini, serta rekomendasi perbaikannya agar perusahaan bisa mendapatkan nilai maksimal pada penilaian PROPER di periode tersebut.

Konsultasi Pendampingan PROPER

Pendampingan PROPER Biru

Konsultan berpengalaman dalam pemenuhan penilaian PROPER akan terlibat memenuhi kriteria PROPER Biru (Compliance), sesuai dengan kriteria penilaian terbaru yang dikeluarkan oleh KLHK pada periode penilaian terserbut.

Pendampingan PROPER Hijau & Emas

Konsultan berpengalaman dalam pemenuhan penilaian PROPER akan terlibat memenuhi kriteria PROPER Hijau/Emas (Beyond Compliance), sesuai dengan kriteria penilaian terbaru yang dikeluarkan oleh KLHK pada periode penilaian terserbut.

Konsultasi Penyusunan Dokumen Pendukung PROPER

Konsultan berpengalaman akan melakukan penilaian awal untuk melakukan pekerjaan pemenuhan kriteria PROPER sesuai dengan kebutuhan dari Perusahaan yang belum dipenuhi, baik untuk kriteria compliance (Biru) maupun beyond compliance (Hijau & Emas).

Dokumen Pendukung PROPER

Membantu industri meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya dengan melakukan pemantauan dan pengelolaan yang optimal terhadap penggunaan air.

Perusahaan dapat menyesuaikan tingkat audit energi antara level 1 sampai dengan level 3 sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Layanan pendampingan dan penyusunan dokumen PROPER yang komprehensif sesuai dengan kriteria penilaian PROPER yang tertuang dalam PermenLHK Nomor 1 tahun 2021.

Mengembangkan program sesuai dengan potensi dan masalah sosial di masyarakat sekitar hingga pembuatan laporan SROI.

Membantu membuat rona awal keanekaragaman hayati flora maupun fauna.

Perbaikan dan potensi pengurangan dampak lingkungan sesuai dengan standar ISO 14040 dan ISO 14044 serta PerMen LHK Nomor 1 tahun 2021.

Membantu memetakan potensi dan masalah sosial yang ada, serta melakukan perizinan pada pemangku kebijakan terkait.

Membantu melakukan analisis pemanfaatan sumber daya dan bagaimana program efisiensinya.

Membantu membuat dokumen minimum yang dipersyaratkan dalam PROPER berdasarkan Sistem Manajemen Lingkungan.

Mengembangkan program tanggap kebencanaan sesuai dengan kriteria yang tertuang dalam PermenLHK No 1 tahun 2021.

Pelatihan PROPER

Kata Alumni

Inquiry PROPER KLHK

Inquiry PROPER KLHK


+62