Latar Belakang

Sektor industri sebagai pengguna energi besar terbukti masih kurang efisien dalam menggunakan energi, yang ditunjukkan oleh intensitas energinya yang masih tergolong tinggi. Namun pada sektor tersebut mulai tumbuh kesadaran untuk melakukan penghematan energi, tetapi pelaksanaannya masih terbatas antara lain belum diterapkannya manajemen energi.

 

Dengan adanya isu biaya energi dan pengaruh terhadap emisi, udara ambien dan perubahan iklim, maka penting bagi perusahaan di Indonesia untuk menerapkan system manajemen energi. Dengan penerapan sistem tersebut maka upaya efisiensi energi dapat membuahkan hasil yang optimal. Menerapkan sistem ini berarti seluruh elemen organisasi harus peduli dan berperan dalam manajemen energi. Perusahaan juga harus membuat program efisiensi energi yang berdasarkan hasil audit energi dan kebijakan yang telah ditetapkan.

 

Hasil program efisiensi energi diperiksa untuk mengetahui tingkat pencapain target dan kriteria yang telah ditetapkan perusahaan. Selanjutnya langkah yang dilakukan adalah evaluasi program dan tindak lanjut perbaikan program di masa datang. Bila ini dilakukan secara terus-menerus akan diperoleh manfaat yang besar bagi perusahaan baik dari sisi penghematan biaya ekonomis, perbaikan sistem kerja, budaya kerja perusahaan dan ramah lingkungan.

 

Perusahaan yang berhasil menerapkan efisensi energi harus didukung oleh kompetensi sumber daya yang memadai. Kompetensi yang dibutuhkan adalah pemahaman audit energi dan implementasi program mapun sistem manajemen energi . Pelatihan ini dirancang untuk memenuhi kompetensi tersebut.

 

 

Tujuan Pelatihan

  1. Peserta memahami konsep manajemen energi di Industri
  2. Peserta mampu melakukan audit energi di Industri
  3. Peserta mampu mengenali dan mengimplementasikan potensi penghematan energi pada Industri

 

Materi Pelatihan

  1. Konsep Manajemen dan Audit Energi di industri
  2. Pengantar Sistem:
    1. Kelistrikan
    2. Pengantar energi thermal (thermal)
    3. Diesel generator
    4. Distribusi Uap
    5. Chiller
    6. Pompa
  3. Prosedur Pelaksanaan Audit Energi di industri
    1. Persiapan Audit Energi
    2. Pengumpalan Data Primer dan Data Sekunder
    3. Analisis Data Hasil Survery dan Pengukuran Lapangan
    4. Analisis Penggunaan dan Potensi Penghematan Energi
    5. Analisis Tekno-Ekonomi
    6. Penyusunan Laporan
  4. Studi Kasus

 

Waktu

3 (tiga) hari

 

Peserta Pelatihan

Manager/supervisor, Calon Manager/Auditor Energi, Senior/Junior Utility & Facility Engineer.

 

Metode Pelatihan

  1. Presentasi
  2. Diskusi
  3. Studi Kasus

 

Tempat Pelaksanaan

  1. Tamansari Hive Office Lantai 7, Jl. D.I. Panjaitan Kav.2 Jakarta Timur 13350
  2. Permata Kuningan Building Lantai 17, Suite 1707 Jl.Kuningan Mulia Kav.9, Kawasan Bisnis Epicentrum Jakarta Selatan 12980